7 Dana Bansos yang Akan Cair Oktober 2023 untuk Semua Kalangan

7 Dana Bansos yang Akan Cair Oktober 2023 untuk Semua Kalangan

Dana Bansos yang Akan Cair Oktober 2023 untuk Semua Kalangan-RJ-

RADAR JABAR - Sederet Bantuan Sosial (Bansos) yang akan cair Oktober 2023 untuk semua kalangan ini sudah disetujui dan ditandatangani oleh Presiden.

Tujuh Bansos siap dicairkan mulai Senin, 2  hingga 31 Oktober 2023. Siap-siap bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang termasuk sebagai penerima, jangan sampai terabaikan atau tidak tahu jadwal pencairan Bansos yang cair di bulan Oktober ini.

Ada yang dicairkan secara tunai dan non tunai. Apa saja ketujuh bantuan yang cair bulan Oktober 2023? Simak terus informasinya hingga tuntas.

Pada Oktober 2023, penyaluran Bansos pun gencar direalisasikan setelah periode triwulan ketiga Bansos memasuki periode triwulan keempat di bulan ini.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bagikan Bansos Beras 10 Kg Mulai Hari Ini, Begini Cara Ceknya Jangan Sampai Ketinggalan!

Setelah sukses disalurkan pada triwulan ketiga, maka disusul kembali sesuai dengan rencana Bansos pada triwulan keempat mulai besok. Nah, mungkin banyak yang bertanya-tanya apakah masih ada sisa Bansos yang dicairkan mulai Oktober hingga bulan Desember 2023.

Dengan terkucurnya dana Bansos ini memberikan harapan besar untuk masa depan, seperti menyekolahkan anak-anak dan kebutuhan ekonomi.

Tentunya, ini sedikit terbantu dengan adanya bantuan sosial. Oleh karena itu, pemerintah melalui kementerian dan lembaga terus menyalurkan bantuan sosial alias Bansos kepada masyarakat miskin dan rentan.

7 Bansos yang Akan Cair Oktober 2023

Berikut bantuan sosial (bansos) yang akan cair selama 1 - 31 Oktober 2023, untuk keluarga maupun individu penerima manfaat bantuan sosial.  Pada penyaluran bantuan sosial kali ini, ada Bansos yang disalurkan berupa komoditas barang dan ada pula disalurkan penyaluran secara dana tunai. Berikut beberapa di antaranya:

1. Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kemiskinan Ekstrim

BLT ini sebelumnya dikenal dengan bantuan BLT Dana Desa. Namun, penamaan Bansos ini mengalami perubahan seiring dengan dicabutnya masa PPKM di akhir Desember 2020.

Untuk menanggulangi masyarakat miskin ekstrim, Bansos BLT Dana Desa akan cair di bulan Oktober 2023, sebesar Rp900.000 untuk penyaluran alokasi Juli, Agustus, September yang tertunda penyalurannya pada bulan September kemarin.

Ada yang mencairkan untuk alokasi 1 bulan dengan nominal Rp300.000 untuk alokasi bulan Oktober. Namun perlu diketahui, jumlah nominal dan jadwal setiap daerah mungkin berbeda, itu dikarenakan ada yang menyalurkan perbulan sekali, ada yang per 2 bulan, dan ada juga per 3 bulan sekali.

2. Bantuan Pra Kerja

Kartu Pra Kerja adalah program pemerintah untuk memberikan pengembangan kompetensi kerja bagi para pencari kerja pekerja yang terkena PHK dan/atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Program Kartu Pra Kerja ini menjadi salah satu yang dinanti-nantikan banyak kalangan setiap bulannya. Pendaftaran Kartu Pra Kerja untuk gelombang 62 dibuka pada 6 Oktober 2023.

Sumber: