Review Lengkap: Kawasaki Ninja ZX-25RR Motor Gagah Mesin 250cc Rasa Moge
Review performa mesin Kawasaki Ninja ZX-25RR-Kawasaki-motor-
Joknya tidak terlalu lebar, sehingga tidak membuat kaki terlalu terbuka. Ini merupakan desain yang nyaman untuk rata-rata postur orang Indonesia. Bahkan, pengendara dengan tinggi 165 cm pun masih dapat mengendari motor ini dengan baik.
Posisi stangnya adalah tipe jepit under, cukup rendah. Namun, karena joknya juga rendah, posisi berkendara tidak terlalu menunduk. Tidak seperti ZX-600 yang memiliki karakteristik motor sport murni yang cenderung menunduk. Kawasaki Ninja ZX-25RR ini masih cocok untuk pengendaraan sehari-hari meskipun stangnya rendah.
Namun, posisi tangan dan lengan bisa menjadi pegal terutama dalam perjalanan yang lebih panjang, terutama mengingat berat motor yang mencapai 183 kg saat mengerem.
Suspensi
Sementara itu, suspensi depan memiliki setelan preload yang sudah sesuai dengan bobot saya yang 65 kg. Rasanya sangat nyaman dan empuk dengan setelan standar ini. Responsnya baik dan stabil. Suspensi belakang juga terasa nyaman, dengan fitur setelan preload, rebound, dan compression. Ini adalah salah satu suspensi termahal di kelasnya, dan setelan standarnya sudah nyaman dan stabil.
Dalam hal handling, Kawasaki Ninja ZX-25RR cocok untuk mereka yang ingin belajar mengendarai moge. Mesin ini memiliki dimensi besar dengan 4 silinder dan berat 183 kg, mendekati moge sungguhan.
Ini cocok untuk latihan karena mengendalikan motor ini tidak semudah mengendalikan motor kecil yang lebih ringan. Memerlukan keterampilan mengendalikan tubuh. Meskipun memiliki dimensi besar dengan full fairing, motor ini masih cukup mudah dikendalikan karena sudut belok stangnya cukup besar.
Untuk pengendaraan sehari-hari di dalam kota yang padat, motor dengan dimensi seperti ini masih cocok digunakan.
Spion motor ini cukup lebar. Ketika Anda berada dalam kemacetan, seringkali spion ini dapat tersangkut, karena lebarnya. Namun, lebar spion ini juga memberikan keamanan saat Anda melewati ruang yang sempit. Dalam hal ban, ban standarnya menawarkan cengkeraman yang baik, bukan yang sangat licin, tetapi tidak juga yang sangat berdaya cengkeram.
Jadi, jika Anda suka berkendara dengan cepat, saya sarankan untuk mengganti ban dengan compound yang lebih lembut agar cengkeramannya lebih baik. Namun, jika Anda hanya berkendara santai di sekitar rumah, ban standar ini sudah cukup baik.
Sistem Rem
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25RR sudah mencakup kaliper depan Radial 4 Piston dan master silinder yang besar. Untuk penggunaan normal, bahkan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi, rem standar ini sudah sangat memadai. Meskipun, tentu saja, bisa menjadi lebih baik dengan pembaruan spesifikasi. Namun, sebagai standar, rem ini sudah sangat baik.
Perlu dicatat bahwa jarak terendah motor ini dari permukaan tanah hanya 125 mm, yang sangat rendah. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati saat melewati polisi tidur, terutama jika polisi tidurnya cukup tinggi. Motor ini cenderung mudah tersangkut pada polisi tidur, terutama pada bagian layar knalpot, bukan pada bagian knalpot itu sendiri.
Fitur Speedometer
Kini, mari kita bahas fitur-fitur yang bisa dilihat dari layer speedometer Kawasaki Ninja ZX-25RR ini. Yang pertama dan paling mencolok adalah panel instrumennya yang sudah full digital TFT. Panel instrumen ini sangat keren dan mudah dilihat dalam berbagai kondisi pencahayaan. Layar ini juga memiliki tingkat kecerahan otomatis, seperti layar ponsel, yang akan menyesuaikan pencahayaan sekitarnya.
Ini sangat memanjakan mata dan informasinya sangat lengkap. Anda dapat melihat tachometer, speedometer, gear position, mode traksi, informasi tentang Kawasaki Shifter, indikator bahan bakar, jam, suhu pendingin, odometer, trip meter, rata-rata kecepatan, waktu total, tegangan baterai, dan banyak lagi.
Panel instrumen ini sangat informatif dan memudahkan Anda untuk mengawasi berbagai aspek saat berkendara.
Sumber: