Review Lengkap: Kawasaki Ninja ZX-25RR Motor Gagah Mesin 250cc Rasa Moge
Review performa mesin Kawasaki Ninja ZX-25RR-Kawasaki-motor-
Apabila jumlah bahan bakar sudah tinggal sedikit dan peringatan berkedip, lampu indikator akan menyala. Panel instrumen juga memiliki lampu sein kiri, lampu jauh, indikator "check engine", dan di bagian bawahnya terdapat lambang kunci.
Ketika kunci kontak sudah terdeteksi, panel instrumen akan aktif. Selanjutnya, terdapat lampu indikator aki, indikator overhead, dan indikator tekanan oli. Terdapat dua tombol pada panel, salah satunya dapat terhubung dengan aplikasi di smartphone.
Anda dapat mengatur berbagai pengaturan melalui aplikasi smartphone, seperti mode riding, odometer, dan lainnya.
Mode Berkendara
Dalam hal mode riding, terdapat tiga mode, seperti Sport, Road, dan Rain. Mode Sport adalah mode yang paling responsif dan cocok untuk pengendara yang suka berkendara dengan agresif. Mode Road cenderung memberikan respons yang lebih linier, sedangkan mode Rain memberikan tenaga yang lebih lembut.
Mode Sport memberikan tenaga penuh di bawah 10.000 RPM, sedangkan mode Road dan Rain memiliki karakteristik yang berbeda di bawah 6.000 RPM. Di atas 10.000 RPM, mode Road dan Sport memiliki karakteristik yang hampir sama, sedangkan mode Rain tetap memiliki karakteristik yang lembut.
Kunci kontak pada motor ini sudah menggunakan teknologi immobilizer. Panel instrumen juga menampilkan informasi tentang suspensi, seperti setelan preload. Pada stang kanan, terdapat tombol starter dan tombol select.
Suspensi depan memiliki tabung yang cukup besar, dan tampilan keseluruhan motor ini sangat rapi dan solid, sesuai dengan harganya yang mencapai 129,9 juta. Finishing dan detailing pada motor ini sangat baik, terutama pada bagian yang menggunakan bahan aluminium, besi, dan plastik. Semuanya terlihat sangat rapi dan berkualitas tinggi.
BACA JUGA:Meluncur Kawasaki W800 2024! Moge Desain Klasik Berteknologi Canggih Punya Warna Baru, Harganya?
Di bagian kiri panel instrumen, terdapat beberapa tombol untuk fungsi seperti naik dan turun, lampu utama jauh-dekat, lampu sein, hazard, klakson, dan fitur high beam. Ada juga tuas kopling yang memiliki setelan yang sama seperti rem, dan ini adalah fitur asistensi kopling yang membuat kopling menjadi sangat ringan.
Ini sangat berguna saat berkendara di kemacetan di jalan Jakarta yang padat. Meskipun kaki kita bisa merasa panas, tangan dan jari kita tidak akan cepat pegal karena koplingnya sangat ringan. Selain itu, terdapat fitur Quick Shifter yang memungkinkan perpindahan gigi tanpa perlu menggunakan kopling. Kopling ini sangat responsif, halus, dan tidak sulit digunakan.
Lampu Motor
Selanjutnya, lampu-lampu pada motor ini sudah menggunakan teknologi LED. Lampu utama memiliki sorotan yang sangat baik untuk berkendara malam hari, sangat terang. Di bagian depan, terdapat lubang untuk RAM air, yang berfungsi sebagai jalur masuk udara ke kotak filter udara.
Perlu diingat bahwa pada versi 2023, lubang ini mengalami perubahan dengan adanya karet yang mengurangi volume udara yang masuk. Hal ini berhubungan dengan standar emisi Euro 4 yang lebih ketat, dan hal ini memastikan pembakaran bahan bakar yang lebih bersih dan efisien.
Lampu belakang juga menggunakan teknologi LED, termasuk lampu rem dan lampu sein, yang memiliki bentuk serupa dengan lampu Z900 10R, meskipun lebih besar dan kokoh.
Kesimpulan
Secara keseluruhan, Kawasaki Ninja ZX-25RR adalah motor yang hebat. Meskipun mesinnya berdasarkan standar Euro 4 dan tenaganya sedikit lebih kecil, Kawasaki telah mengatasi hal ini dengan final gear yang ditingkatkan sehingga akselerasinya tetap cepat, bahkan lebih cepat daripada beberapa pesaingnya.
Sumber: