Review Lengkap: Kawasaki Ninja ZX-25RR Motor Gagah Mesin 250cc Rasa Moge
Review performa mesin Kawasaki Ninja ZX-25RR-Kawasaki-motor-
RADAR JABAR - Kami akan mengulas secara lengkap Kawasaki Ninja ZX-25RR daris segi desain, mesin hingga performanya. Kami akan mengulas lebih mendalam terhadap performa mesinnya, menggali detail handling-nya, mengingatkan bahwa terdapat peningkatan pada suspensi, serta meninjau fitur-fiturnya secara menyeluruh.
Perubahan yang paling mencolok pada Kawasaki Ninja ZX-25RR adalah untuk memenuhi standar emisi gas buang yang lebih ketat, yaitu Euro 4.
Sebelumnya, versi lama Ninja ZX menggunakan standar Euro 3. Perubahan ini terlihat pada knalpot yang kini menggunakan model senter panjang, serta peningkatan rasio kompresi menjadi 12,5:1. Meskipun ada perubahan ini, Kawasaki belum merilis informasi resmi mengenai tenaga dan torsi yang dihasilkan.
Dalam banyak kasus, ketika standar emisi naik, tenaga mesin biasanya turun. Namun, Kawasaki tampaknya mengatasi hal ini dengan mengubah final gear menjadi lebih ringan, yaitu dengan perbandingan gigi 50 di belakang dan 14 di depan.
Sedangkan versi lama memiliki perbandingan 48:14. Tujuannya adalah agar motor tetap memiliki respons ringan meskipun tenaganya mungkin sedikit berkurang.
Review Kawasaki Ninja ZX-25RR
Berikut adalah ulasan lengkap secara mendetail mengenai Kawasaki Ninja ZX-25RR dari semua segi fitur dalam berkendara.
Performa Mesin
Sebagai sebuah motor sport fairing, tentu saja yang paling diunggulkan dari Kawasaki Ninja ZX-25RR ini adalah mesinnya. Dalam kelasnya, ini adalah satu-satunya motor 250cc 4 silinder segaris dengan 16 katup berpendingin cairan.
Oleh karena itu, performa mesinnya di kelasnya sangat diakui sebagai yang terbaik. Namun, pada versi terbaru, terdapat beberapa perubahan dibandingkan dengan versi 2021.
BACA JUGA:TVS Apache RTR 310 jadi Motor Termurah Gaya Street Fighter Keren, Simak Ulasan Semua Fiturnya
Hasil uji akselerasi menunjukkan bahwa Kawasaki Ninja ZX-25RR ini tetap memiliki akselerasi yang cepat, dengan catatan waktu yang lebih baik dari versi sebelumnya.
Catatan waktu akselerasi 0-100 km/jam bahkan sedikit lebih cepat dari sebelumnya, namun ada sedikit perbedaan dalam catatan waktu untuk akselerasi 0-200 km/jam yang sedikit lebih lambat dari sebelumnya. Meskipun begitu, performa akselerasi ZX25 RR terbaru tetap sangat impresif.
Top speed-nya memang sedikit menurun. Hasil pengujian menunjukkan bahwa top speed yang dapat dicapai adalah 188 km/jam, sedikit di bawah top speed maksimum yang dapat dicapai. Jika diuji di atas dyno atau dengan pengaturan standar paddock, perbedaannya hanya sedikit dari top speed maksimum. Namun, jika digunakan di trek yang sangat panjang, kemungkinan besar bisa mencapai 190 km/jam.
Sumber: