Kalian Sering Jerawatan? Bisa Jadi Karena Hal Ini

Kalian Sering Jerawatan? Bisa Jadi Karena Hal Ini

Kalian Sering Jerawatan Bisa Jadi Karena Hal Ini-Penyebab Jerawatan-Freepik

Bakteri

Bakteri yang dikenal sebagai Propionibacterium acnes (P. acnes) hidup di kulit dan dapat berkembang biak dalam kondisi pori-pori yang tersumbat. Ini dapat menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat merah yang nyeri.

Faktor Genetik

Riwayat keluarga juga dapat memainkan peran dalam rentan seseorang terhadap jerawat. Jika salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki riwayat jerawat, Anda mungkin memiliki risiko lebih tinggi mengalami masalah serupa.

Menggunakan Produk Kulit Tertentu

Beberapa produk kulit atau kosmetik mengandung bahan-bahan yang dapat menyumbat pori-pori atau menyebabkan iritasi, memicu timbulnya jerawat. Pemilihan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda sangat penting.

 

Cara Mengobati Jerawat:

 

Membersihkan Kulit dengan Lembut

Membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

Gunakan Produk Non-Komedogenik

Pilih produk perawatan kulit yang non-komedogenik, artinya produk tersebut dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori.

Penggunaan Produk dengan Bahan Aktif

Bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoyl peroxide dapat membantu membuka pori-pori dan membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, penggunaannya harus sesuai petunjuk dokter atau pakar kulit.

 

Sumber: