Mengenal Suzuki Verde, Skutik Retro Cantik Irit BBM dengan Tampang Mirip Vespa Klasik

Mengenal Suzuki Verde, Skutik Retro Cantik Irit BBM dengan Tampang Mirip Vespa Klasik

Mengenal Suzuki Verde, Skutik Retro Cantik Irit BBM dengan Tampang Mirip Vespa Klasik-Suzuki Verde, Skutik Retro Cantik Irit BBM dengan Tampang Mirip Vespa Klasik-Instagram @suzuki.verde

Radar Jabar – Tahukah kamu bahwa Suzuki pernah memproduksi skutik bergaya retro di periode tahun 1990-an? Ya dialah Suzuki Verde roda dua ciamik yang irit bahan bakar mesin (BBM) dengan penampilan mirip Vespa klasik.

 

Ternyata skutik racikan Suzuki dengan tampang retro bukan hanya Suzuki Saluto 125 yang selama ini banyak pencinta motor kenal. Soalnya ada juga Suzuki Verde yang berpenampilan bak Vespa jadul tapi kece rilis di Jepang pada 1998.

 

Keputusan meluncurkan sang motor matic super klasik untuk merespons meluasnya pasar skutik retro di Negeri Matahari Terbit kala itu.

 

BACA JUGA:Spesifkasi Suzuki Saluto 125 Skutik Klasik dengan Fitur Modern, Siap Akhiri Supremasi Honda Scoopy?

 

Suzuki Verde menampilkan citra klasiknya sangat jelas pada desain batok headlamp, lampu depan-belakang. Demikian pula lampu sein yang diracik serba membulat mirip Vespa old school era 1960-an.

 

Lanjut ke bagian bodi depannya sekilas seperti Vespa Smallframe dengan sayap ramping yang ditemani dasi serta gril bulat berbalur chrome. Desain spakbor depannya pun membulat dan kaya akan nuansa retro, yang bentuknya seperti milik Vespa Super 150 2-tak.

 

Desain bodi depannya itu terlihat selaras dengan dek atau pijakan kaki yang rata serta bodi belakang membulat sebagaimana tepong Vespa 2-tak. Bagian tersebut dipadankan beserta jok single seater dan back rack yang punya fungsi sebagai pembawa barang.

 

BACA JUGA:Spesifikasi Suzuki Verde: Skuter Matic Klasik Rasa Vespa Vintage dengan Performa yang Impresif

 

Suzuki Verde berbekal spesifikasi mesin 49 cc berpendingin udara yang dilengkapi kipas di dekat pipa knalpotnya. Mengutip dari Motor Plus Online, jantung pacu ini mampu memuntahkan tenaga 6,2 dk di 6.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 6,9 Nm di 6.000 rpm.

 

Untuk kinerja mesinnya itu disalurkan penggerak Continuously Variable Transmission (CVT) yang telah disertai V-Belt.

 

BACA JUGA:Zion Suzuki Tolak Pinangan Manchester United Demi Ikut Olimpiade Paris 2024

 

Walau kapasitas mesinnya tergolong mungil, Suzuki Verde menghasilkan konsumsi BBM yang terbilang irit, diklaim sebesar 59 km per liter.

 

Pada bagian kaki-kakinya,disematkan suspensi per ganda di sisi depan dan sokbreker tunggal yang terbungkus rapih pada balik tepongnya. Motor retro tersebut mengusung pelek palang tiga diameter 10 inci yang dibalut ban ukuran 3.00.

 

Saat pertama kali rilis 25 tahun sila, Suzuki Verde dihargai sebesar 179.000 Yen atau sekira Rp18,9 jutaan (kurs 1 Yen = Rp106.01 per 1 Agustus 2023).

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: