Mirip Vespa PX! Suzuki Gemma 125 Skutik Retro Gaya Futuristik yang Performanya Nyaris Setara Honda BeAt

Mirip Vespa PX! Suzuki Gemma 125 Skutik Retro Gaya Futuristik yang Performanya Nyaris Setara Honda BeAt

Mirip Vespa PX! Suzuki Gemma 125 Skutik Retro Gaya Futuristik yang Perofrmanya Nyaris Setara Honda BeAt-Suzuki Gemma 125 Skutik Retro Suzuki Tahun 1980-an-Suzuki Global

Radar Jabar – Jika Anda penasaran dan bertanya siapa ‘nenek moyang’ sepeda motor matic Suzuki, maka jawabannya adalah Suzuki Gemma 125. Skutik retro satu ini berpenampilan mirip Vespa PX namun soal performa hampir mengimbangi Honda BeAt.

 

Sudah bukan fenomena aneh lagi jika melihat banyaknya motor matic di pasaran mengadopsi tampilan mirip Vespa. Seperti merek asal Jepang Suzuki yang pernah menghadirkan motor bergaya mirip Vespa dan itu bukan hanya Suzuki Verde yang rilis pada 1998.

 

Ada juga Gemma 125 skuter matic garapan Suzuki pada era 80-an. Seri Gemma kelas tertinggi ini diproduksi dan diluncurkan di Jepang pada 1982 lalu.

 

Suzuki Gemma 125 dirilis untuk merespons booming-nya motor skuter di awal tahun 1980-an, demikian dikutip dari laman Suzuki Global. Roda dua tersebut semula memulai debutnya sebagai model 50 cm³.

 

BACA JUGA:Spesifikasi Suzuki Verde: Skuter Matic Klasik Rasa Vespa Vintage dengan Performa yang Impresif

 

Skutik retro tersebut memiliki tampilan mirip Vespa PX. Kemiripannya dengan skuter lansiran Vespa tersebut tampak pada bagian fascia sebab kompak dibekali headlamp berbentuk segi empat.

 

Model lampu sein kedua tunggangan beda pabrikan itu juga identik. Ini bisa terlihat dari desain serta penempatannya yang berada di sisi pinggir. Selain itu, Gemma 125 punya tempat penyimpanan seperti milik Vespa PX yang tersematkan di balik bodi depannya.

 

Sebaliknya, soal desain bodi tengah sampai belakang Suzuki Gemma 125 tidak sama seperti Vespa klasik. Desain bodi motor Suzuki ini terlihat mengadopsi konsep futuristik dengan hiasan ornamen berupa lubang udara berbentuk setrip.

 

BACA JUGA:Suzuki Verde: Skuter Modis Bergaya Mediterania yang Gendong Mesin Mungil 50 cc, Segini Harganya?

 

Menyesuaikan dengan gaya modisnya, Suzuki Gemma 125 pun kedapatan kursi ganda untuk dua orang atau kursi pembonceang aplikasi komersial.

 

Lalu bagaimana pada dapur pacunya? Ternyata skutik retro gaya futuristic ini ditanamkan mesin 4-tak satu silinder dengan kapasitas 124 cc berpendingin udara. Spesifikasi mesin ini juga satu-satunya seri Gemma yang mengandalkan model 4-tak.

 

Jantung pacu itu bisa mengembuskan tenaga sampai 7,8 daya kuda (dk) pada 7.500 rmp dan torsi 8,9 newton meter (Nm) pada 4.000 rpm. Di atas kertas, kinerjanya mendekati skutik 110 cc modern seperti Honda BeAt.

 

BACA JUGA:Vespa Murah Tapi Mewah? Vespa Urban Club 125 Tampilkan Gaya Retro Klasik dengan Spesifikasi Canggih

 

Sebagai informasi, mesin Honda BeAt punya tenaga 8,8 dk di 7.500 rpm serta torsi 9,3 Nm di 5.500 rpm.

 

Dikutip dari Motoronlineplus.com sebagaimana dilansir dari bikebros.co.jp, Gemma 125 bukan hanya hadir di Jepang. Tunggangan ini tersedia pula di sejumlah negara lain dengan nama Suzuki CS 125.

 

Terakhir tentang banderolnya, berdasarkan laman Web Bike Moto News Suzuki Gemma 125 dijual seharga 10,000 Yen atau lebih tinggi.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: