Harus Paham! Ini 3 Penyebab Orang Bertahan pada Hubungan Toxic dan Cara Mengatasinya

Harus Paham! Ini 3 Penyebab Orang Bertahan pada Hubungan Toxic dan Cara Mengatasinya

Toxic relationship adalah hubungan yang pada akhirnya akan merusak kebahagiaanmu-Pexels/SHVETS-

RADAR JABAR - Kami akan menjelaskan tentang apa itu toxic relationship dan bagaimana cara mengenali serta keluar dari situasi tersebut. Saran saya, tontonlah video ini sampai selesai agar kamu mendapatkan pemahaman secara menyeluruh.

Banyak orang yang ketika sudah jatuh cinta dan memutuskan untuk berkomitmen, meskipun mereka terus-menerus terluka dalam hubungan tersebut, banyak dari mereka yang memilih untuk tetap bertahan.

Padahal sebenarnya mereka merasa stres, tidak puas, dan juga merasa negatif di dalam hubungannya. Contohnya banyak, mulai dari pasangan yang selalu bertengkar karena hal-hal kecil, pasangan yang tidak diperhatikan dan diabaikan terus, atau selalu dimarahi oleh pasangannya.

Menariknya, meskipun mereka diperlakukan kurang baik oleh pasangan, tetap saja banyak yang memilih untuk bertahan dalam hubungan itu. Biasanya, alasannya adalah karena sulit untuk memutuskan hubungan dengan pasangan yang mungkin sudah lama berhubungan.

Bahkan karena alasan klise, seperti, "Ya gimana? Saya sudah terlanjur sayang padanya" atau alasan lainnya seperti, "Kalau tidak dengan dia, mau dengan siapa?"

Bagaimana dengan hubunganmu saat ini?

Toxic relationship adalah hubungan yang pada akhirnya akan merusak kebahagiaanmu, meracuni perasaan dan pikiranmu, bahkan mengubah cara pandang terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitarmu.

BACA JUGA:7 Tips Agar Hubungan Langgeng dan Harmonis, No 3 Harus Banget Diterapin!

Jika tanda-tanda yang telah disebutkan sebelumnya ada dalam hubunganmu atau kamu merasakan dampak negatif dari hubunganmu, mungkin saatnya untuk mempertimbangkan keluar dari hubungan tersebut.

Namun, memang sulit untuk melakukan hal ini karena, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kita sering kali memilih bertahan meskipun menyadari bahwa hubungan itu toksik.

Mengapa orang-orang bisa bertahan dalam hubungan toxic?

Berdasarkan beberapa teori yang telah saya temukan, ada 3 alasan yang mungkin dapat menjelaskan fenomena ini.

Penyebab Seseorang Bertahan Pada Toxic Relationship

1. Sudah Terbiasa dengan Perlakuan Pasangan

Pertama, kita sudah terlalu terbiasa dengan perlakuan dari pasangan. Perbuatan yang sulit atau perilaku negatif dari pasangan, jika terus-menerus dihadapi, akhirnya tidak lagi terasa sulit.

Meskipun kita menyadari bahwa sikap pasangan tidak baik dan hubungan tidak sehat, karena kita sering menghadapinya berulang kali, kita cenderung bertahan.

Dalam psikologi, hal ini dikenal sebagai Distance Sitistation, yaitu semakin sering kita terpapar oleh sesuatu, semakin kita tidak sensitif terhadap situasi tersebut dan semakin terbiasa menghadapinya.

Sumber: