4 Fakta dan Sejarah Kenapa Malam 1 Suro Selalu Identik dengan Hal Mistis? Simak di Bawah Ini!

4 Fakta dan Sejarah Kenapa Malam 1 Suro Selalu Identik dengan Hal Mistis? Simak di Bawah Ini!

4 Fakta dan Sejarah Kenapa Malam 1 Suro Selalu Identik dengan Hal Mistis Simak di Bawah Ini!-Malam 1 Suro-Freepik

RADAR JABAR – Kenapa malam 1 Suro selalu identik dengan hal mistis? malam 1 Suro adalah sebuah fenomena yang selalu mengundang minat dan rasa penasaran masyarakat Indonesia.

Terutama di kalangan yang masih melekat pada tradisi dan kepercayaan yang kental dengan unsur kenapa malam 1 Suro selalu identik dengan hal mistis.

Malam ini sering kali dianggap sebagai waktu yang penuh dengan hal-hal gaib, ritual mistis, dan kisah-kisah seram yang membuat bulu kuduk merinding.

Dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tanggal satu (1) Suro merujuk pada tanggal pertama di bulan pertama Kalender Jawa.

Dalam hal ini, malam 1 Suro adalah malam pertanda masuknya bulan Suro menurut penanggalan Jawa.

Disebutkan oleh laman Kementerian Agama RI, 1 Suro pada kalender Jawa bertepatan dengan 1 Muharam pada kalender Hijriah. Bukan sekadar bulan biasa, Suro diyakini sebagai bulan sakral.

Namun, apakah ada fakta yang menjelaskan mengapa Malam 1 Suro selalu identik dengan hal mistis di masyarakat? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa fakta yang melatarbelakangi fenomena 1 suro ini.

 

BACA JUGA:Uji Nyali Kunjungi 10 Wisata Mistis Terkenal Di Bandung

 

Sejarah Jawa dan Perayaan Ruwatan

 

Malam 1 Suro memiliki akar budaya yang kuat dalam tradisi Jawa. Dalam budaya Jawa, Malam 1 Suro dianggap sebagai perayaan tahun baru Jawa yang ditandai dengan ruwatan, suatu upacara membersihkan diri dari energi negatif dan memohon keselamatan.

Ruwatan sering kali dilakukan dengan melibatkan dukun atau spiritualis yang menggunakan alat-alat mistis, seperti air suci, bunga, dan dupa. Keterkaitan antara Malam 1 Suro dengan praktik-praktik mistis dalam ruwatan memberikan asosiasi yang kuat antara malam tersebut dengan hal-hal gaib.

 

Fakta-fakta Kenapa malam 1 Suro selalu identik dengan hal mistis?

 

Kaitan dengan Dunia Gaib

Sumber: