Apa itu Malam Satu Suro? 7 Larangan yang Tidak Boleh dilakukan di Malam Satu Suro Jika Kalian Tak Ingin Celaka

Apa itu Malam Satu Suro? 7 Larangan yang Tidak Boleh dilakukan di Malam Satu Suro Jika Kalian Tak Ingin Celaka

Apa itu Malam Satu Suro 7 Larangan yang Tidak Boleh dilakukan di Malam Satu Suro Jika Kalian Tak Ingin Celaka-Malam Satu Suro-Twitter

RADAR JABAR - Malam Satu Suro adalah salah satu momen bersejarah yang masih melekat kuat dalam budaya masyarakat Indonesia.

Malam satu suro dipercayai sebagai hari yang memiliki kekuatan magis dan mistis, malam tersebut selalu menarik perhatian banyak orang. Pada malam ini, terdapat berbagai tradisi dan kepercayaan yang dilestarikan dari generasi ke generasi.

Artikel ini akan mengupas tentang pengertian Malam Satu Suro, makna di balik perayaannya, serta 7 larangan yang harus dihindari dalam rangka menghormati tradisi dan kepercayaan masyarakat.

 

Pengertian Malam Satu Suro

 

Malam Satu Suro merupakan perayaan tahun baru dalam penanggalan Jawa. Tradisi ini dirayakan pada tanggal 1 Suro, yang merupakan bulan pertama dalam penanggalan Jawa.

Bulan ini bertepatan dengan Muharram dalam penanggalan Islam, sehingga sering kali ada pula perpaduan budaya dan agama dalam perayaan ini.

Malam Satu Suro juga dipercayai memiliki makna spiritual dan kultural yang dalam bagi masyarakat Indonesia, terutama Jawa.

 

BACA JUGA:4 Fakta dan Sejarah Kenapa Malam 1 Suro Selalu Identik dengan Hal Mistis? Simak di Bawah Ini!

 

Makna Malam Satu Suro

 

Perayaan Malam Satu Suro memiliki beberapa makna yang mendalam bagi masyarakat Indonesia

Momentum Baru

Malam Satu Suro menjadi momen awal untuk memulai tahun baru dalam budaya Jawa. Sebagian besar orang percaya bahwa apa pun yang dilakukan pada malam ini akan memberikan pengaruh besar dalam tahun yang akan datang. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan doa dan berbagai ritual untuk memohon keberkahan dan perlindungan di tahun yang baru.

Sumber: