Ini Cara Menggunakan Fitur-Fitur di Aplikasi Threads, Jangan Ketinggalan!

Ini Cara Menggunakan Fitur-Fitur di Aplikasi Threads, Jangan Ketinggalan!

Begini Cara Menggunakan Fitur-Fitur yang Ada di Aplikasi Threads, Jangan Sampai Ketinggalan Zaman-Radar Jabar-

RADAR JABAR – Threads adalah aplikasi baru yang dibuat oleh pendiri Meta (induk dari Facebook, WhatsApp, dan Instagram), Mark Zuckerberg. Threads telah resmi dirilis dan dapat diunduh serta dicoba di Indonesia pada hari Kamis (6/7/2023) pagi.

Dari pengamatan kami, terlihat bahwa aplikasi Threads telah tersedia di toko aplikasi Google Play Store (untuk pengguna Android) dan Apple App Store (untuk pengguna iOS). Di Google Play Store, ukuran aplikasi ini sekitar 70 MB, sedangkan di Apple App Store berukuran sekitar 250 MB.

Setelah mengunduh dan membuka aplikasi ini, pengguna akan diarahkan ke halaman pembuatan akun. Yang menariknya, pengguna dapat langsung menggunakan atau mengimpor informasi akun mereka yang telah disimpan di Instagram, seperti nama akun, username, informasi bio, dan tautan. Dengan demikian, mereka tidak perlu mengisi ulang informasi dan data yang diperlukan untuk membuat akun Threads yang baru.

Bagaimana Aplikasi Threads Bekerja?

Menurut laporan dari The Guardian pada Kamis (6/7/2023), Meta menggambarkan Threads sebagai sebuah ruang terpisah untuk pembaruan dan percakapan publik secara real-time, dengan tujuan mengambil yang terbaik dari Instagram dan mengembangkannya dalam bentuk teks.

Cara menggunakan aplikasi Thread pun terbilang sangat mudah, pengguna harus mempunyai akun instagram sebelum mendaftar Threads.

Platform ini juga menciptakan ruang yang positif dan kreatif untuk mengekspresikan ide-ide pengguna. Secara visual, aplikasi ini sangat mirip dengan Twitter, walaupun beberapa terminologi telah diubah, dengan retweet disebut "repost" dan tweet disebut "thread".

BACA JUGA:Kelebihan, Kekurangan dan Kode Referral Seabank untuk Dapat Bonus Saldo

Namun, nampaknya pengguna tidak dapat membuat akun Threads baru secara langsung. Selama tahap uji coba, Threads hanya menggunakan akun yang telah terdaftar di Instagram. Dengan kata lain, pengguna yang ingin menggunakan Threads harus membuat akun Instagram terlebih dahulu.

Hal ini bisa dianggap wajar karena aplikasi ini hadir dengan slogannya "Threads, an Instagram app". Setelah membuat akun Instagram, pengguna dapat memilih untuk mengikuti akun-akun Threads yang juga mereka ikuti di Instagram. Setelah itu, mereka akan disajikan dengan tampilan utama Threads yang didominasi oleh warna hitam.

Fitur-Fitur dalam Threads

Threads memiliki berbagai isi yang menarik. Pada tampilannya, Threads mirip dengan Instagram. Di bagian bawah terdapat baris menu seperti "Home", "Search", "New Thread", "Activity", dan "Profile" dengan ikon yang mirip dengan Instagram.

Namun, perbedaannya terletak pada penyederhanaan aplikasi Threads, terutama pada menu Home atau Timeline, yang menampilkan teks saja, seperti di Twitter. Antarmuka pengguna Threads juga didominasi oleh warna hitam, dengan teks dan ikon-ikon yang berwarna putih.

Pindah ke menu lainnya, yaitu menu Profile, tampilannya mirip dengan menu Profile di Instagram. Namun, dalam menu Profile di Threads, terutama di tab "Threads", akan menampilkan postingan berbasis teks saja, tidak ada gambar atau video. Selain itu, pengguna juga dapat mengunjungi tab "Replies" untuk melihat postingan mereka yang membalas Threads dari pengguna lain.

Mengenai linimasa Threads, pada tahap awal ini, pengguna kemungkinan akan melihat "twit" atau Threads dari semua pengguna di platform tersebut, baik pengguna yang diikuti maupun yang tidak.

Sumber: