Niat Qurban Tahun Ini? Ini Keutamaan dan Doa Saat Hendak Berqurban

Niat Qurban Tahun Ini?  Ini Keutamaan dan Doa Saat Hendak Berqurban

Berqurban Kambing Kemuliaan Ibadah di Hari Raya Idul Adha--

 

 

RADAR JABARGema takbir usai sholat Idul Adha masih sayup terdengar di beberapa masjid dan mushola. Setelah melaksanakannya sebagai ibadah sunnah muakad atau sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Bagi umat Islam yang mengerjakannya akan memperoleh pahala, sementara bagi yang tidak mengerjakannya tidak akan mendapatkan dosa tetapi tidak mendapatkan keutamaan Idul Adha.

 

Nah setelah rangkaian Sholat Idul Adha, maka ibadah selanjutnya yang termasuk amalan sunnah muakad lainnya adalah ibadah qurban. Meski ada yang berpendapat berqurban itu wajib bagi yang mampu, akan tetapi kemuliaan dalam berqurban mesti dilaksanakan. Dan saat yang tepat waktu menyembelih hewan kurban dimulai setelah matahari setinggi tombak atau setelah sholat Idul Adha pada 10 Zulhijah hingga terbenam matahari pada 13 Zulhijah.

 

Berkurban merupakan bagian dari ibadah dalam rangka merayakan Idul Adha. Ketika hendak menyembelih hewan kurban, dianjurkan untuk mengamalkan amalam sunnah dengan membaca doa terlebih dahulu.

 

 

BACA JUGA : Inilah 8 Keutamaan dalam Berqurban di Hari Raya Idul Adha

 

 

Dalam kitab Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu, Syaikh Wahbah Al-Zuhaili tertulis dalam rangkaian  doa menyembelih hewan qurban terdiri dari basmalah, shalawat atas Rasulullah SAW, takbir, dan doa permohonan agar kurban diterima oleh Allah SWT. 

 

 

 

Disebutkan pula doa yang paling sempurna ketika hendak menyembelih hewan kurban adalah sebagai berikut:

 

 

Doa Menyembelih Hewan Kurban

 

وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيفًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ، إِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ. بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ اَللهُ أَكْبَرُ وَلِلهِ الْحَمْد. اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنِّيْ /مِنْ فُلاَن كَمَا تَقَبَّلْتَ مِنْ اِبْرَاهِيْمَ خَلِيْلِكَ.

 

Wajjahtu wajhii lilladzii fatharas samaawaatii wal ardha hanifaw wamaa ana minal musyrikiin, inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaati lillaahi rabbil ‘aalamiin, laa syariikalahuu wa bidzaalika umirtu wa ana minal muslimiin. Bismillaahir rahmaanir rahiim, allaahumma shalli ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammad. Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, wa lillaahil hamd. Allahumma haadzihii minka wa ilaika fataqabbal minnii/min fulaan (sebut nama orang yang berkurban), kamaa taqabbalta min ibraahiim khaliilika.

 

Artinya:

Aku menghadapkan wajahku (hatiku) kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan menyerahkan diri, dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrik. Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan seluruh alam, tidak ada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan-Nya, dan aku termasuk golongan orang muslim. Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya. Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, hanya bagi Allah segala puji. Ya Allah, hewan ini adalah nikmat dari-Mu, dan melalui hewan ini pula mendekatkan diri kepada-Mu. Ya Allah, terimalah dariku/dari fulan (sebutkan nama orang yang berkurban), sebagaimana Engkau menerima dari Nabi Ibrahim, kekasih-Mu. 

 

WAJIB TAHU : 7 Keutamaan Berkurban di Hari Raya Idul Adha Menurut Islam

 

Setelah melaksanakan ibadah Qurban dengan mengikuti syariat dan rangkaian yang disunnahhkan, maka tidak ada harapan lain kecuali amalan ibadah kita di Hari Raya Idul Adha ini diterima Allah SWT. (*) 

Sumber: