Daftar Tanggal Perayaan Idul Adha di 10 Negara Lain, Malaysia, Arab Saudi hingga Jepang

Daftar Tanggal Perayaan Idul Adha di 10 Negara Lain, Malaysia, Arab Saudi hingga Jepang

Daftar Tanggal Hari Raya Idul Adha di 10 Negara Lain, Malaysia, Arab Saudi hingga Jepang-Freepik-

RADAR JABAR – Pemerintah Indonesia resmi menetapkan hari raya Idul Adha pada Jumat 29 Juni 2023, lalu bagaimana dengan penetapan hari raya idul adha di negara lain?

Penetapan tanggal Idul Adha di Indonesia didasarkan pada hasil sidang isbat yang diadakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) pada tanggal 18 Juni 2023. Kemenag menyatakan bahwa posisi hilal di Indonesia pada saat Magrib hari itu masih tidak memenuhi kriteria baru MABIMS.

"Sidang isbat secara mufakat bahwa 1 Zulhijah 144 H jatuh pada hari Selasa tanggal 20 Juni 2023 Masehi dan Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023 Masehi," kata Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dalam keterangan pers.

Kriteria baru MABIMS secara astronomis menetapkan bahwa hilal dapat terlihat jika bulan memiliki ketinggian minimal 3 derajat dan elongasinya minimal 6,4 derajat.

Tim Kemenag melakukan pengamatan dan mencatat bahwa pada saat Magrib tanggal 18 Juni 2023, posisi bulan di Indonesia memiliki ketinggian antara 0 derajat 20 sampai dengan 2 derajat 36 menit, dengan sudut elongasi antara 4 derajat 40 menit sampai dengan 4 derajat 94 menit.

BACA JUGA:Hukum Berkurban untuk Orang yang Telah Meninggal Dunia, Lengkap dengan Dalil

Selain Indonesia, negara-negara lain juga melakukan pengamatan hilal pada tanggal 18 Juni 2023 pada waktu Magrib untuk menentukan awal bulan Zulhijah dan tanggal 10 Zulhijah atau Idul Adha. Berikut ini adalah hasil keputusan penetapan tanggal Idul Adha di beberapa negara.

Kapan Hari Raya Idul Adha di Negara lain?

Kami telah merangkum tanggal perayaan Idul Adha di beberapa negara tetangga dan yang terdapat cukup banyak mayoritas islam:

1. Malaysia

Berdasarkan laporan Kantor Berita Bernama, di Malaysia hilal belum terlihat pada tanggal 28 Juni. Oleh karena itu, Idul Adha di Malaysia akan dirayakan pada tanggal 29 Juni sesuai dengan kriteria MABIMS yang juga digunakan oleh pemerintah Indonesia.

2. Brunei Darussalam

Kesultanan Brunei mengumumkan bahwa Idul Adha akan dimulai pada tanggal 29 Juni 2023 karena hilal masih belum terlihat di wilayah Brunei pada tanggal 28 Juni.

3. Singapura

Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) mengeluarkan pernyataan bahwa berdasarkan perhitungan astronomi, bulan sabit tidak mungkin terlihat pada hari itu. Oleh karena itu, Idul Adha di Singapura akan jatuh pada tanggal 29 Juni.

4. Jepang

Komite pengamatan hilal Jepang mengabarkan bahwa Idul Adha 2023 akan dirayakan pada tanggal 29 Juni. Komite ini mengacu pada fatwa atau ulama otoritas Muslim di Malaysia.

5. Arab Saudi

Menurut laporan Al Arabiya, Idul Adha 2023 di Arab Saudi jatuh pada tanggal 28 Juni. Penentuan ini didasarkan pada penampakan hilal pada tanggal 18 Juni yang menandakan awal bulan Zulhijah 1444 H.

Keputusan ini diumumkan oleh Mahkamah Agung Arab Saudi melalui Saudi Press Agency (SPA). Hari Arafah di Arab Saudi akan jatuh pada tanggal 27 Juni.

6. Maroko

Sumber: