10 Bagian Potongan Daging Sapi Paling Lezat dan Olahan Makanan yang Cocok

10 Bagian Potongan Daging Sapi Paling Lezat dan Olahan Makanan yang Cocok

10 Bagian Potongan Daging Sapi Paling Lezat dan Olahan Makanan yang Cocok-Masterclass-

RADAR JABAR – Menjelang hari raya Idul Adha nanti, banyak orang yang mencari mana saja bagian potongan daging sapi paling lezat untuk dikonsumsi.

Berbagai potongan daging sapi bisa diolah menjadi beragam masakan, seperti rendang, gulai, soto daging, hingga steak.

Namun kita perlu mengetahui apa saja bagian potongan daging paling enak untuk dimakan sebelum mengonsumsi hidangannya.

Selain memilih bagian potongan daging sapi, proses memasak juga akan menentukan rasa dari hidangan itu sendiri.

Maka dari itu simak artikel ini hingga habis agar menambah keahlianmu dalam mengolah daging sapi saat hari raya kurban nanti.

Jenis-Jenis Bagian Potongan Daging Sapi

Berikut adalah beberapa jenis bagian potongan daging sapi terlezat lengkap dengan olahan masakan apa yang cocok dengan daging itu.

1. Sirloin (Has Luar)

Salah satu jenis potongan daging sapi ini biasa disebut sirloin. Ini merupakan salah satu potongan daging sapi yang populer karena harganya terjangkau. Potongan daging ini diambil dari bagian bawah iga hingga ke luar dari has dalam.

Daging yang berasal dari has luar memiliki serat yang halus namun memiliki tekstur yang cukup keras. Bagi penggemar steak dengan tekstur yang agak kenyal, potongan daging sapi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain sering digunakan untuk steak, potongan daging sapi ini juga cocok untuk ditumis atau dimasak dalam waktu yang singkat. Bagian ini cocok dimasak menjadi steak maupun tumis daging.

2. Tenderloin (Has Dalam)

Tenderloin merupakan potongan daging sapi yang berasal dari bagian tengah tubuh, terletak di sepanjang tulang belakang, bahu, dan tulang panggul.

Daging tenderloin memiliki kelembutan yang luar biasa karena otot-ototnya jarang digunakan dalam aktivitas.

Jika diproses menjadi steak, dagingnya sangat lembut dan hampir seperti mencair di mulut. Tenderloin memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sirloin dan T-Bone.

Potongan ini sangat cocok bagi pecinta steak yang menginginkan daging dengan serat yang lembut dan 3

3. T-Bone

Sesuai dengan namanya, potongan daging sapi ini memiliki tulang yang melekat di bagian tengahnya dan membentuk bentuk seperti huruf T. Bagian T-Bone diambil dari bagian bawah daging has hingga ke bawah punggung.

Sumber: