5 Rekomendasi Objek Wisata Sekitar Waduk Jatigede Sumedang, Memiliki Pesona Indah yang Wajib Dikunjungi!

5 Rekomendasi Objek Wisata Sekitar Waduk Jatigede Sumedang, Memiliki Pesona Indah yang Wajib Dikunjungi!

Waduk atau Bendungan Jatigede kini telah menjelma menjadi salah atu bendungan terbesar yang berada di negara Indonesia bahkan kawasan Asia Tenggara.-Jatigede-Tangkapan Layar Instagram @meinnameitsmia

RADAR JABAR- Waduk atau Bendungan Jatigede kini telah menjelma menjadi salah atu bendungan terbesar yang berada di negara Indonesia bahkan kawasan Asia Tenggara.

Bendungan Jatigede tidak hanya digunakan sebagai sumber pasokan air untuk PLTA dan irigasinya saja. Namun, bendungan Jatigede saat ini telah menjadi salah satu tujuan wisatawan di Kabupaten Sumedang.

Dengan bermunculannya beberapa objek wisata yang menyajikan keindahan alam bendungan tersebut.

Berikut adalah rekomendasi Objek Wisata di Sekitar Waduk Jatigede.

1.  Wisata Tanjung Duriat

Objek Wisata dengan konsep taman di pinggir pesisir Waduk Jatigede ini, memiliki pesona yang tak kalah indah oleh objek wisata lainnya di Jawa Barat.

Dari sini pengunjung bisa melihat indahna pemandangan bendungan Jatigede dari atas bukit yang menjorok ke arah bendungan (tanjung).

Objek wisata ini juga menyediakan fasilitas spot foto bersama balon udara, spot ikonik Tanjung Duriat berupa papan penanda yang berbentuk hati (love), gazebo, taman bermain, tempat makan, hingga tempat penyewaan skuter listrik.

Bagi pengunjung yang memiliki hobi berkemah, tempat ini juga menyediakan fasilitas camping ground.

Wisata Tanjung Duriat bisa diakses menggunakan jalur Situraja - Pajagan ataupun melewati jalur Tomo - Jatigede. Pengujung Tanjung Duriat ditarif Rp. 5.000. Sementara biaya parkir kendaraan Rp. 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp. 2.000 untuk kendaraan roda dua.

2. Kampung Buricak Burinong

Objek wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi ketika berada di Jatigede Sumedang adalah Kampung Buricak Burinong.
Kampung Buricak Burinong merupakan objek wisata yang tergolong masih baru, pasalnya tempat ini baru diresmikan pada tahun 2022 silam.

Objek Wisata ini terletak di Dusun Cisema Desa Paku Alam yang terus mendapatkan pengembangan.

Selain mengandalkan potensi wisata indahna hamparan bendungan Jatigede, Dusun Cisema juga disulap menjadi kawasan wisata yang berbeda, dimana tiap bangunan yang berada di sini memiliki warna-warni yang mencolok. Ditambah dengan pembangunan spot atau lokasi yang bisa digunakan sebagai tempat swafoto.

BACA JUGA:Hidden Gem Garut: Keindahan dan Keasrian Situ Bagendit! Destinasi Wisata Keluarga yang Wajib Dikunjungi!

3. Wisata Panenjoan

Wisata Panenjoan berada di pesisir timur laut Waduk Jatigede tepatnya di wilayah Kampung Burujul, Desa Jemah, Kecamatan Jatigede.
Dari lokasi ini, pengunjung bisa melihat pemandangan indah hamparan bendungan Jatigede dari ketinggian dengan jajaran beberapa pulau di tengahnya termasuk Gunung Surian.

Untuk bisa memasuki ke lokasi wisata Panenjoan Jatigede, pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar Rp 2.000.

4. Wisata Tegal Jarong

Wisata Tegal Jarong berlokasi di pesisir timur laut Waduk Jatigede, sehingga tempat ini juga memanfaatkan Waduk Jatigede sebagai magnet untuk menarik para wisatawan.

Objek Wisata ini ini mengandalkan wisata panorama bendungan Jatigede yang bisa digunakan sebagai tempat swafoto dan perahu wisata yang mengantarkan pengunjung untuk berkeliling di bendungan Jatigede.

Salah satu kelebihan lokasi wisata ini adalah lokasinya yang dekat dengan bangunan bendungan Jatigede.

Untuk bisa menikmati keindahan Wisata Tegal Jarong, para pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor Rp 10.000 untuk mobil.

5. Wisata Alam Puncak Damar

Berlokasi di kawasan Puncak Damar Desa Paku Alam, dan terletak di sebelah barat laut kawasan bendungan Jatigede.

Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam pegunungan yang sejuk dan asri sehingga sangat cocok dijadikan sebagai tempat menjernihkan pikiran.
Di kawasan wisata Puncak Damar terdapat fasilitas yang bisa digunakan oleh pengunjung seperti tempat lesehan di beberapa shelter, Gazebo, Camping Ground, Outbound dan tempat bermain anak-anak.

Saat memasuki lebaran atau saat memasuki liburan , para pengunjung akan berbondong-bondong untuk datang ke tempat ini.

Selain warga lokal, pengunjung dari luar daerah juga tak kalah antusias untuk menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan bersama orang tercinta.

BACA JUGA:Berkunjung ke Garut, Dijamin Puas! Inilah Rekomendasi Wisata Garut yang Siap Membuat Liburan Kalian Berkesan

Sumber: