Kesal Dengan Orang Tua yang Banyak Menuntut?, Mungkin Termasuk Strict Parents, Begini Ciri-cirinya

Kesal Dengan Orang Tua yang Banyak Menuntut?, Mungkin Termasuk Strict Parents, Begini Ciri-cirinya

Ilustrasi anak akan tertekan dengan pola asuh orang tua yang strict parents--

4. Menghukum berat karena melanggar aturan

Strict parents akan menghukum anak karena melanggar aturan yang telah mereka tetapkan. Biasanya, hukuman tersebut dapat berupa hukuman fisik yang dapat melukai anak.

Contoh hukuman strict parents yaitu mulai dari pukulan, menarik telinga, dan lain sebagainya. Pada umumnya, hukuman fisik akan diberikan jika anak tidak mampu memenuhi ekspektasi strict parents.

5. Tidak responsif terhadap anak-anak mereka

Strict parents biasanya terlihat dingin. Mereka tidak responsif dengan perkembangan anaknya. Strict parents cenderung minim memberikan kasih sayang, sehingga anak tumbuh tanpa mengenal rasa kasih sayang.

6. Menggunakan kata-kata yang memalukan dan kasar

Strict parents dapat menggunakan kata-kata kasar pada anak dengan harapan mereka akan mematuhi perintah mereka.

Kata-kata kasar juga digunakan untuk memberi kesan tegas, sehingga anak tidak berani menentang perintah mereka. Sikap kasar yang ditunjukkan strict parents dapat membuat hubungan orang tua dan anak menjauh.

7. Melarang anak terlibat dalam pengambilan keputusan

Strict parents melarang anak untuk memutuskan sesuatu. Hal ini terjadi karena strict parents menganggap anak tidak memiliki hak dan dapat berakibat fatal jika ia memutuskan sesuatu.

Strict parents akan langsung memberikan pilihan pada anak untuk mereka jalani.

8. Memiliki harapan tinggi yang tidak realistis

Sering kali strict parents berharap terlalu tinggi pada anak. Anak menjadi terbebani ekspektasi yang mungkin tidak bisa mereka penuhi. Biasanya harapan strict parents bersifat tidak realistis dan berlebihan.

9. Tidak mentolerir kesalahan

Strict parents adalah sosok yang tidak mentolerir kesalahan sekecil apa pun. Mereka melarang anak berbuat salah, karena dapat merusak usaha yang mereka lakukan untuk masa depan anak.

Sumber: