Kesal Dengan Orang Tua yang Banyak Menuntut?, Mungkin Termasuk Strict Parents, Begini Ciri-cirinya

Kesal Dengan Orang Tua yang Banyak Menuntut?, Mungkin Termasuk Strict Parents, Begini Ciri-cirinya

Ilustrasi anak akan tertekan dengan pola asuh orang tua yang strict parents--

Memiliki Orang Tua dengan pola asuh keras dan menerapkan disiplin tinggi, bisa jadi sebuah tekanan bagi anak. Apalagi menetapkan banyak tuntutan, orang tua yang seperti ini merupakan salah satu ciri strict parents.

Anak dengan orang tua Strict parents biasanya akan tumbuh dengan kepribadian keras, karena melihat contoh nyata didepan matanya.

Perilaku orang tua akan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang mental anak. orang tua yang memiliki standar tinggi pada anaknya, akan membuat anak juga selalu dalam tekanan.

Pola asuh strict parents banyak ditemui dimasyarakat, ditandai dengan peran dominan orang tua dalam menentukan pilihan bagi anaknya.

Selain itu, bisa juga dilihat dari tindakan sewenang-wenang orang tua, termasuk dengan menerapkan aturan yang ketat. Dengan kata lain tipe parenting yang satu ini menuntut anaknya menjadi sempurna dalam banyak hal.

Dikutip dari Parenting for Brain, berikut ciri-ciri dari orang tua yang strict Parents secara lebih jelas.

1. Memiliki banyak aturan ketat dan menuntut

Ciri strict parents yang khas adalah sifat otoriter terhadap anaknya. Mereka sering memberikan aturan ketat dan tuntutan pada anak. Biasanya, aturan ketat tersebut diterapkan dalam kehidupan di rumah dan di tempat umum.

Beberapa strict parents kadang tidak menyampaikan aturan pada anak. Strict parents menganggap dan mengharapkan anak dapat paham dan mengerti peraturan tersebut, tanpa diberi tahu.

2. Menuntut anak untuk mematuhi mereka

Strict parents biasanya memaksa anaknya untuk mematuhi aturan yang mereka tetapkan.
Mereka akan berdalih aturan itu adalah demi masa depan sang anak. Strict parents akan memberi harapan yang tinggi pada anak, sehingga mereka menerapkan aturan dengan ketat.

3. Enggan memberikan penjelasan pada anak

Strict parents tidak membiarkan anaknya mempertanyakan otoritas orang tua. Mereka membatasi anak agar tidak banyak bertanya mengapa anak harus melakukan sesuai perintah mereka.

Tidak jarang pula, strict parents bahkan berteriak pada anak dan jarang memberi dukungan maupun pujian. Hal ini dikarenakan, strict parents lebih mementingkan disiplin dari anak, dibandingkan kesenangan pada pola asuhnya.

Sumber: