Kuatkan UMKM Lewat Konektivitas, Indosat Hadirkan Jaringan Andal di Festival Kuliner Bandung 2025

Kuatkan UMKM Lewat Konektivitas, Indosat Hadirkan Jaringan Andal di Festival Kuliner Bandung 2025

Indosat Hadirkan Jaringan Andal di Festival Kuliner Bandung 2025.--

RADAR JABAR – Di balik kemeriahan Festival Kuliner Bandung (FKB) 2025, ada satu hal yang tidak kasat mata namun sangat terasa dampaknya yakni konektivitas yang bekerja tanpa henti.

Tahun ini, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) melalui layanan Indosat IM3 Platinum, berkolaborasi dengan HiFi, hadir sebagai penggerak di balik lancarnya ribuan transaksi digital para pelaku UMKM kuliner lokal.

Digelar sejak 28 Agustus hingga 28 September 2025, Festival Kuliner Bandung (FKB) Vol. 2 menjadi titik temu ribuan pengunjung harian dengan ratusan tenant UMKM dari berbagai penjuru nusantara. Seluruh transaksi di festival ini dilakukan secara cashless, dan lebih dari 90% mesin EDC yang digunakan oleh tenant telah menggunakan jaringan Indosat.

BACA JUGA:Bupati Kang DS: Retret Penting Untuk Meningkatkan Kapasitas ASN di Kabupaten Bandung

BACA JUGA:Kajati DKI Pernah Dipanggil Jadi Saksi Kasus DJKA, Forjabar Aksi Desak KPK Transparan

Kehadiran jaringan yang andal bukan hanya tentang sinyal yang kuat, tapi tentang rasa tenang bagi pelaku usaha, dan kemudahan bagi pelanggan. Di saat festival mencapai kepadatan ribuan orang, Indosat IM3 Platinum memastikan jaringan tetap stabil. Dukungan dari HiFi melengkapi peran ini sebagai penguat konektivitas untuk sistem pembayaran elektronik di lokasi.

EVP–Head of Circle Jakarta Raya (JAYA) Indosat Ooredoo Hutchison Chandra Pradyot Singh menyampaikan, pihaknya percaya bahwa teknologi yang bermakna adalah teknologi yang menggerakkan.

“Melalui konektivitas, kami ingin pelaku UMKM bisa fokus melayani, tanpa cemas soal transaksi. Kami ingin pengunjung bisa menikmati pengalaman mereka tanpa hambatan,” ujar Chandra, Kamis (18/9/2025).

Di balik performa jaringan yang stabil selama gelaran FKB Vol. 2, terdapat dukungan teknis yang disiapkan secara khusus oleh tim Indosat, termasuk optimalisasi kapasitas jaringan di area padat pengunjung dan monitoring real-time oleh tim network Indosat.

BACA JUGA:Transformasi Birokrasi, Bupati Bandung Kirim Para Kepala OPD dan Camat Ikuti Retreat di Markas TNI

BACA JUGA:Telkom Gandeng Telkom University Luncurkan IAQMS Pantau Kualitas Udara Ruang Kerja

Secara rata-rata, penggunaan data pelanggan Indosat di area venue meningkat mencapai rekor melebihi trafik pada saat malam tahun baru 2025. Meski demikian, tidak ditemukan gangguan berarti dalam konektivitas selama FKB Vol 2 berlangsung - menunjukkan resiliensi jaringan Indosat dalam mendukung trafik tinggi sekaligus performa mesin EDC yang bergantung pada kestabilan sinyal.

Lebih luas lagi, tren peningkatan trafik data juga menunjukkan bahwa masyarakat semakin menggantungkan diri pada konektivitas, bukan hanya untuk komunikasi, tetapi juga untuk gaya hidup dan ekonomi digital.

Data internal Indosat menunjukkan bahwa lebih dari 60% pelanggan baru IM3 Platinum memilih paket dengan kuota besar dan fitur-fitur fleksibel seperti rollover dan eSIM. Ini sejalan dengan transformasi kebutuhan pelanggan, yang kini menuntut layanan yang tidak hanya cepat, tetapi juga cerdas, adaptif, dan mendukung mobilitas tinggi.

Sumber: