Suasana Stasiun Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya Masih Ramai Melayani Penumpang Pasca Tahun Baru

Suasana Stasiun Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya Masih Ramai Melayani Penumpang Pasca Tahun Baru

Suasan di stasiun bandung.--Istimewa

RADAR JABAR – Lima hari setelah perayaan Tahun Baru 2025, suasana di tiga stasiun kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung yakni Stasiun Bandung, Kiaracondong, dan Tasikmalaya, masih dipenuhi oleh aktivitas penumpang yang datang maupun berangkat. Antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi kereta api tetap tinggi, seiring dengan berakhirnya masa liburan panjang dan kembalinya aktivitas rutin.

Executive Vice President PT KAI Daop 2 Bandung, Dicky Eka Priandana menyampaikan, "Kami sangat berterima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api. KAI terus memastikan operasional berjalan lancar, aman, dan nyaman dengan pelayanan volume penumpang Kereta Jarak Jauh yang masih tinggi," jelas Dicky

Total selama 5 hari setelah Tahun Baru 2025 (tanggal 1 s.d. 5 Jan 2025), Stasiun Bandung melayani keberangkatan 27.269 penumpang dan kedatangan 29.012 penumpang. Sedangkan Stasiun Kiaracondong melayani keberangkatan 14.706 penumpang dan kedatangan 18.080 penumpang, serta Stasiun Tasikmalaya melayani keberangkatan 6.465 penumpang dan 6.637 kedatangan penumpang.

Dicky menjelaskan kepadatan penumpang didominasi oleh mereka yang kembali ke tempat asal setelah menghabiskan liburan di kampung halaman atau destinasi wisata, serta penumpang yang memanfaatkan waktu untuk bepergian di awal tahun.

BACA JUGA:Berkat Kepemimpinan Bupati Kang DS, Kabupaten Bandung Berhasil Tekan Inflasi Pada Desember 2024

BACA JUGA:Terima Aspirasi Warga, Tarya Witarsa dan Kades Tinjau Akses Jalan Penghubung Dua Desa di Kecamatan Ciparay

Untuk melayani masyarakat yang bepergian selama liburan Natal dan Tahun Baru ini, KAI Daop 2 telah melakukan langkah-langkah seperti:

  • Memastikan Fasilitas Pelayanan Pelanggan di stasiun tersedia dan berfungsi sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum yang dikeluarkan oleh Kemenhub.
  • Memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api terjaga dengan baik.
  • Memastikan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan kereta sesuai yang tertera pada jadwal hingga tercatat 99,8 % kereta berangkat tepat waktu sesuai jadwal, dan 98,4 % kereta datang di tujuan tepat waktu sesuai jadwal.
  • Peningkatan Pelayanan Pelanggan melalui penyediaan fasilitas tambahan di beberapa stasiun seperti Pengering Payung, Loket Box untuk memudahkan pembelian tiket, dan penyediaan petugas posko pelayanan dan keamanan selama Angkutan Nataru berlangsung

Dicky mengimbau masyarakat untuk selalu memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, dan mitra penjualan yang terpercaya. Selain itu, penumpang diharapkan datang lebih awal ke stasiun untuk menghindari antrean pemeriksaan tiket dan memastikan membawa identitas sesuai nama yang tertera pada tiket.

"KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di awal tahun ini dan seterusnya," pungkas Dicky.

 

 

Sumber: