Bank Mandiri Gencarkan Livin' Pasar di Bandung: Bantu UMKM Naik Kelas dengan Digitalisasi

Bank Mandiri Gencarkan Livin' Pasar di Bandung: Bantu UMKM Naik Kelas dengan Digitalisasi

Bank Mandiri Gencarkan Livin' Pasar di Bandung--(Sumber Gambar : Istimewa)

RADAR JABAR - Bank Mandiri terus berkomitmen mendukung inklusi keuangan masyarakat Indonesia melalui berbagai inisiatif digital. Salah satu program unggulan terbaru adalah Program Livin' Pasar, yang berfokus pada digitalisasi transaksi keuangan di pasar-pasar tradisional, khususnya di wilayah perkotaan. Inisiatif ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dalam meningkatkan efisiensi bisnis mereka melalui digitalisasi.

Bank Mandiri, dengan kode saham BMRI, baru-baru ini meluncurkan program ini di Pasar Parahyangan, Bandung Barat, pada Sabtu (19/10). Dengan menggandeng pengelola pasar setempat, mereka memperkenalkan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) sebagai metode pembayaran utama. QRIS sendiri adalah sistem pembayaran yang diinisiasi oleh Bank Indonesia dan kini diimplementasikan secara luas oleh berbagai lembaga keuangan di Indonesia.

Dalam pernyataan resminya pada Rabu (23/10), Vice President Bank Mandiri Region VI/Jawa 1 Abeka Natali menyampaikan bahwa program ini merupakan langkah konkret untuk mendorong penggunaan transaksi non-tunai di pasar tradisional.

"Dengan implementasi Program Livin' Pasar, kami berharap dapat memperluas akseptasi pembayaran digital, terutama melalui QRIS Livin' Merchant untuk para pedagang. Langkah ini diharapkan bisa membantu pelaku UMKM agar bisa naik kelas melalui peningkatan volume transaksi non-tunai," kata Abeka.

 

BACA JUGA:Bank Mandiri Catat Transaksi Rp 160,7 Triliun dengan Livin’ by Mandiri di Region VI/Jawa 1

BACA JUGA:Semarakkan HUT ke-26, Bank Mandiri Region VI/Jawa 1 Gelar Pasar Murah di 30 lokasi di Jawa Barat

 

Program ini sejalan dengan tema HUT ke-26 Bank Mandiri, yaitu "Adaptif dan Solutif," yang menekankan pentingnya inovasi dalam memberikan solusi transaksi terbaik bagi masyarakat.

Salah satu inovasi menarik yang dihadirkan oleh Bank Mandiri di ekosistem pasar adalah Livin' KIOSK. Inovasi ini memberikan pengalaman berbelanja yang lebih modern bagi pengunjung pasar.

Melalui Livin' KIOSK, pengunjung bisa melihat daftar tenant yang ada di pasar, melakukan pemesanan makanan, dan langsung melakukan pembayaran melalui QRIS yang tertera di layar. Selain itu, pengunjung juga dapat memantau status pesanan mereka secara real-time.

Fitur Livin' KIOSK ini terintegrasi dengan Livin' Merchant, aplikasi POS kasir yang mempermudah pedagang mengelola transaksi mereka.

 

BACA JUGA:Sah Jadi Bank Terbaik! Bank Mandiri Sabet Gelar Best Bank in Indonesia di 2023 versi Euromoney

Sumber: