Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan di Banyak Wilayah Indonesia pada Kamis

Prakiraan Cuaca BMKG: Hujan di Banyak Wilayah Indonesia pada Kamis

Prakiraan Cuaca BMKG Hujan di Banyak Wilayah Indonesia pada Kamis--(Sumber Gambar : Pixabay/wal_172619)

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa pada hari Kamis sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami hujan, mulai dari intensitas ringan hingga lebat.

Menurut prakiraan cuaca yang disampaikan oleh Prakirawan BMKG, Eriska Febriati, wilayah Jawa akan didominasi cuaca berawan tebal dan hujan ringan. Untuk Jakarta, Semarang, dan Surabaya akan berawan tebal. Sedangkan di Bandung dan Serang, hujan ringan diprakirakan turun, sementara Yogyakarta akan cerah berawan.

Di wilayah Sumatera, BMKG memprakirakanhujan dengan intensitas ringan hingga sedang di beberapa kota besar seperti Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Bengkulu, dan Pangkal Pinang. Palembang dan Lampung diprediksi akan mengalami cuaca berawan tebal.

Berpindah ke wilayah Bali dan Nusa Tenggara, Denpasar, Mataram, dan Kupang juga diprediksi akan berawan tebal sepanjang hari.

 

BACA JUGA:BMKG Prediksi Hujan di Sejumlah Kota Besar Indonesia

BACA JUGA:BMKG Ingatkan Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia: Hujan Lebat dan Angin Kencang Mayoritas Wilayah RI

 

Untuk wilayah Kalimantan, cuaca tampaknya akan lebih ekstrem, dengan hujan lebat disertai petir di Palangkaraya dan Banjarmasin. Sementara di Samarinda, Tanjung Selor, dan Pontianak akan terjadi hujan ringan.

Di wilayah Sulawesi, BMKG memperingatkan potensi hujan lebat disertai petir di Mamuju, sedangkan di Gorontalo, Palu, Kendari, dan Makassar hujan ringan akan mendominasi. Manado sendiri akan berawan sepanjang hari.

Untuk wilayah Indonesia Timur, seperti Sorong, Nabire, Manokwari, Jayapura, Jayawijaya, dan Ternate, cuaca akan diwarnai hujan ringan hingga sedang. Sementara itu, Ambon akan berawan tebal.

BMKG juga mengimbau masyarakat yang ingin mengetahui prakiraan cuaca secara real-time untuk memantau informasi terbaru melalui aplikasi BMKG yang diperbarui setiap tiga jam.

Sumber: beranda antara