Deretan Pertanyataan Kaesang Soal Jet Pribadi, Dari Klaim Cuma Nebeng Hingga Isu Dikawal Paspampres

Deretan Pertanyataan Kaesang Soal Jet Pribadi, Dari Klaim Cuma Nebeng Hingga Isu Dikawal Paspampres

Pertanyataan Kaesang Soal Jet Pribadi-Ist-

RADAR JABAR - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, mengunjungi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa untuk memberikan klarifikasi terkait sejumlah isu.

Sebelumnya, Kaesang dan istrinya, Erina Gudono, menjadi sorotan di media sosial, terutama terkait penggunaan jet pribadi saat bepergian ke Amerika Serikat.

Dugaan gratifikasi ini ramai dibahas oleh warganet, khususnya di media sosial X, setelah Erina membagikan foto pemandangan dari dalam jet pribadi di Instagram.

Hal ini menyebabkan Kaesang dilaporkan ke KPK oleh Boyamin Saiman, Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI), dan Ubaidilah Badrun, dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

BACA JUGA:Menkominfo Budi Arie Pasang Badan Bela Gibran dan Kaesang, Netizen: Akan Ada yang Ngaku Pemilik Fufufafa

BACA JUGA:Menkominfo Budi Arie Ungkap Alasan Kaesang Pakai Jet Pribadi: Istrinya Lagi Hamil, Gak Boleh Naik Umum

Beberapa pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, sebuah perusahaan asal Singapura. KPK sebelumnya juga berencana meminta klarifikasi dari Kaesang terkait masalah tersebut.

1. Klaim Datang ke KPK Atas Inisiatif Pribadi

Kaesang menyatakan bahwa kunjungannya ke KPK adalah atas inisiatifnya sendiri, bukan karena panggilan atau undangan dari lembaga antikorupsi tersebut.

"Kedatangan saya ke KPK sebagai warga negara yang baik, saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat. Saya datang ke sini, bukan karena undangan, bukan karena panggilan tapi inisiatif saya," kata Kaesang di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Selasa (17/9).

2. Mengaku Nebeng Pesawat Teman

Kaesang mengungkapkan bahwa salah satu isu yang diklarifikasinya kepada KPK adalah terkait penggunaan jet pribadi saat perjalanannya ke Amerika Serikat.

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebenglah, nebeng pesawatnya teman saya," ujarnya.

Namun, Kaesang tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang perjalanannya, dan menyarankan agar pertanyaan tersebut diajukan langsung kepada KPK.

BACA JUGA:KPK Akan Kirim Surat Undangan Klarifikasi untuk Kaesang Pangarep

BACA JUGA:PSI Jelaskan Kaesang Tidak Akan Maju Di Pilkada 2024

Sumber: