Gempa Bumi, Bupati Bandung Intruksikan BPBD Berikan Pertolongan dan Lakukan Pendataan

Gempa Bumi, Bupati Bandung Intruksikan BPBD Berikan Pertolongan dan Lakukan Pendataan

Bupati Bandung Intruksikan BPBD Berikan Pertolongan dan Lakukan Pendataan--(Sumber Gambar: Yusup/ Radar Jabar)

RADAR JABAR - Bupati Bandung Dadang Supriatna, menyampaikan rasa prihatin dan duka cita yang mendalam atas peristiwa gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 yang mengguncang wilayah Kecamatan Kertasari dan Pangalengan Kabupaten Bandung, pada Rabu 18 September 2024 pukul 09:41 WIB.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga mengajak masyarakat untuk ikut mendo'akan masyarakat yang menjadi korban gempa khususnya di Kertasari dan Pangalengan agar diberikan ketabahan dan kesabaran atas musibah gempa bumi tersebut. 

"Saya turut berduka cita atas kejadian ini. Semoga saudara-saudara kita yang terdampak gempa, diberikan keselamatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini," ujar Dadang Supriatna, Rabu siang.

Ia menjelaskan, gempa yang terjadi pada pukul 09.41 WIB tersebut menyebabkan kerusakan ringan dan berat pada sejumlah bangunan di kedua kecamatan tersebut. 

 

BACA JUGA:Gempa Magnitudo 5.0, Sejumlah Bangunan di Kertasari Kabupaten Bandung Alami Kerusakan

BACA JUGA:BPBD Garut Terjun ke Lapangan untuk Cek Dampak Gempa Bumi Bandung

 

Namun hingga kini, paparnya, belum diketahui jumlah pasti bangunan rusak  akibat gempa tersebut. 
 
Pada kesempatan ini, Kang DS sapaan akrabnya Dadang Supriatna telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, untuk segera melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa.
 
"Saya sudah menginstruksikan BPBD untuk segera melakukan pendataan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak," jelasnya. 
 
Kang DS juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Ia juga meminta agar masyarakat memperhatikan informasi resmi dari pemerintah terkait dengan perkembangan situasi pasca gempa.

 

BACA JUGA:Gempa 5 Magnitudo di Kabupaten Bandung, Berpotensi Tsunami?

BACA JUGA:Ada Dua Potensi Gempa di Garut yang Harus di Waspadai, BMKG Ingatkan Kewaspadaan Kepada Masyarakat


 
"Saya minta kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik. Jangan mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas sumbernya. Selalu perhatikan informasi resmi dari pemerintah," pesannya.

Kang DS menyampaikan, berdasarkan data sementara dari BPBD Kabupaten Bandung, gempa bumi yang mengguncang wilayah Kertasari dan Pangalengan memiliki kekuatan 5,0 SR. 

Sumber: