Presiden Jokowi Resmikan Empat Ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Jokowi Resmikan Empat Ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh

Presiden Jokowi Resmikan Empat Ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh--Antara news

RADAR JABAR- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Provinsi Aceh, Senin, yang diharapkan dapat menumbuhkan titik-titik perekonomian baru di daerah tersebut.

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, Jalan Tol Sigli- Banda Aceh seksi 2, seksi 3 seksi 5, dan seksi 6 pada hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Presiden Jokowi yang disaksikan melalui tayangan langsung YouTube Sekretariat Presiden dari Jakarta.

Adapun, empat ruas jalan tol yang diresmikan tersebut sepanjang 35 kilometer (km) terdiri atas Seksi 2 Seulimeum-Jantho (6 km), Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baru (8 km), dan Seksi 6 Kuto Baru-Baitussalam (5 km).

Presiden menekankan bahwa infrastruktur sangat penting untuk meningkatkan konektivitas. Untuk itu, Presiden menyatakan akan terus mempercepat pembangunan jalan tol, termasuk pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.998 km dari Provinsi Lampung sampai ke Provinsi Aceh.

 

BACA JUGA:Jokowi Pamit ke Warga di Pasar Soponyono Menjelang Akhir Masa Jabatan

BACA JUGA:Pakar Politik Menilai Spekulasi Jokowi Masuk Gerindra Masih Terlalu Dini

 

"Kita berharap dengan Jalan Tol Trans Sumatera akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan mendorong pemerataan ekonomi di Pulau Sumatera dan meningkatkan efisien waktu tempuh serta meningkatkan multiplier effect bagi masyarakat," kata Presiden.

Kepala Negara mengungkapkan empat dari enam ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh telah dibangun sejak 2019 dan menelan biaya sekitar Rp13,5 triliun.

Presiden meyakini dengan peresmian empat ruas jalan tol tersebut, juga akan menumbuhkan titik-titik perekonomian baru, menumbuhkan usaha-usaha baru, memotivasi usaha kecil serta usaha mikro untuk memperluas usaha serta membangkitkan perekonomian di Provinsi Aceh secara keseluruhan.

Peresmian empat ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh itu ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi mengunjungi Provinsi Aceh, Senin, untuk meresmikan sejumlah infrastruktur dan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, mengatakan setibanya di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Kabupaten Aceh Besar, Presiden dijadwalkan langsung menuju Gerbang Tol Baitussalam guna meresmikan sejumlah ruas Jalan Tol Sigli-Banda Aceh.

"Selanjutnya, Presiden dan rombongan akan menuju Stadion H Dimurthala, Kota Banda Aceh, untuk meresmikan rehabilitasi, renovasi dan pembangunan venue PON XXI di Provinsi Aceh. Usai peresmian, Presiden dan Ibu Iriana akan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Zainoel Abidin, Kota Banda Aceh, untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatannya," ujar Yusuf.

Sumber: