Mengapa Orang Bodoh Selalu Dipelihara di Indonesia? Ini 5 Alasannya

Mengapa Orang Bodoh Selalu Dipelihara di Indonesia? Ini 5 Alasannya

Mengapa Orang Bodoh Selalu Dipelihara-RJ-

Kami percaya bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengontrol manusia adalah dengan membiarkan mereka tetap bodoh. Ketika seseorang mulai berpikir kritis, pemilik kepentingan tidak lagi bisa mengatur mereka. Sebaliknya, jika kemampuan berpikir kritis seseorang sudah hilang, mereka tidak dapat membedakan mana yang benar dan salah.

Orang-orang dengan pemikiran kritis yang rendah biasanya malas membaca, cepat bosan dengan edukasi, dan enggan mencari informasi lebih dalam. Contoh sederhana adalah beberapa komentar yang kami terima di video-video berisikan berita.

Banyak dari mereka yang tidak menonton video secara keseluruhan tetapi langsung memberikan komentar. Akibatnya, komentar mereka terasa dangkal dan tidak mendalam. Ini cukup disayangkan karena meskipun Indonesia diharapkan menjadi negara emas pada tahun 2045, masih banyak masyarakat yang malas berpikir.

Orang bodoh sebenarnya adalah bagian dari ekosistem dunia ini. Orang yang pintar bisa dianggap pintar karena adanya orang bodoh. Secara tidak langsung, orang-orang bodoh ini bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki kepentingan, seperti politikus, pemerintah, dan pebisnis. Mereka mengisi peran yang seharusnya ada, dan jika bukan mereka, siapa lagi?

Sumber: