5 Sayuran Terbaik untuk Mata Sehat: Yuk, Mulai Jaga Mata dengan Konsumsi Sayuran Ini!

5 Sayuran Terbaik untuk Mata Sehat: Yuk, Mulai Jaga Mata dengan Konsumsi Sayuran Ini!

Rekomendasi Sayuran Terbaik untuk Mata Sehat-ilustrasi-(Sumber Gambar: Pixabay/Shutterbug75)

RADAR JABAR - Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling berharga. Setiap harinya, Mata kita bekerja keras, entah itu menatap layar gadget, membaca, atau bahkan sekadar melihat pemandangan indah di sekitar.

Nah, biar mata tetap sehat dan terhindar dari masalah penglihatan, penting banget buat menjaga asupan makanan yang kaya nutrisi, terutama dari sayuran. Yuk, simak sayuran apa aja yang bisa bantu jaga kesehatan mata kamu!

Rekomendasi sayuran yang Bagus untuk Mata

1. Wortel: Rajanya Vitamin A!

Kamu pasti sering banget dengar kalau wortel bagus buat mata, kan? Ini bukan sekadar mitos! Wortel memang kaya akan vitamin A dalam bentuk beta karoten, yang sangat penting untuk kesehatan mata kita.

Vitamin A ini berperan besar dalam menjaga kesehatan retina dan membantu mata beradaptasi dalam kondisi cahaya yang redup. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan gangguan penglihatan, seperti rabun senja, bahkan bisa berujung pada kebutaan.

Selain dimakan mentah sebagai camilan, wortel juga bisa ditambahkan dalam sup, tumisan, atau dijadikan jus segar. Jadi, nggak ada alasan lagi buat nggak makan wortel. 

 

BACA JUGA:11 Buah Kaya Vitamin A yang Harus Kamu Coba!

BACA JUGA:8 Buah yang Kaya Akan Vitamin C dengan Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh? Cek Selengkapnya Disini!

 

2. Bayam: Si Hijau Kaya Nutrisi

Kalau kamu suka bayam, berarti kamu udah selangkah lebih dekat untuk punya mata sehat. Bayam mengandung berbagai nutrisi seperti lutein dan zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang berperan dalam melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV.

Selain itu, bayam juga mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta karoten yang bekerja sama melindungi sel-sel mata dari radikal bebas. Nah, biar manfaatnya maksimal, coba deh bayam dikonsumsi dalam keadaan segar, misalnya sebagai salad atau smoothie. Tapi kalau mau ditumis juga oke, asal nggak terlalu lama biar nutrisinya tetap terjaga.

3. Kale: Superfood untuk Mata Sehat

Kale mungkin masih terdengar asing buat sebagian orang, tapi sayuran hijau yang satu ini layak banget dimasukin ke dalam menu harian kamu. Kale kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua nutrisi penting yang sama seperti yang ada di bayam. Kedua antioksidan ini membantu mencegah degenerasi makula dan katarak, dua masalah mata yang sering muncul seiring bertambahnya usia.

Selain itu, kale juga mengandung vitamin A, C, dan K yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Kamu bisa menambahkan kale ke dalam smoothie, tumisan, atau bahkan bikin keripik kale yang renyah dan sehat. 

 

Sumber: berbagai sumber