Mahmoud Abbas dan Mohammed bin Salman Bahas Krisis Gaza di Riyadh

Mahmoud Abbas dan Mohammed bin Salman Bahas Krisis Gaza di Riyadh

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman bertemu membahas situasi Gaza di Riyadh, pada Selasa (27/8/2024) untuk membahas situasi di Gaza. --ANTARA/Anadolu/PY

RADAR JABAR - Presiden Palestina Mahmoud Abbas bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, di Riyadh pada Selasa (27/8) untuk membahas situasi terkini di Gaza.

Kantor berita resmi Palestina, WAFA, melaporkan bahwa Presiden Abbas tiba di Arab Saudi pada Senin (26/8) dalam kunjungan yang tidak diumumkan sebelumnya.

Selama pertemuan tersebut, Abbas dan bin Salman membahas perkembangan terbaru di wilayah pendudukan Palestina dan sekitarnya. Mereka mendiskusikan upaya bersama Palestina dan negara-negara Arab untuk menghentikan agresi Israel yang terus berlanjut terhadap rakyat Palestina di Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem.

Presiden Abbas memperingatkan tentang bahaya yang ditimbulkan oleh pernyataan dan tindakan Israel terkait situs-situs suci Islam dan Kristen, khususnya terkait rencana kepala otoritas keamanan Israel, Itamar Ben-Gvir, untuk membangun sinagoge di Masjid Al-Aqsa.

BACA JUGA:PBB Serukan Keadilan dan Akuntabilitas atas Kejahatan Terhadap Warga Sipil di Gaza

BACA JUGA:Amnesti International Kecewa dengan Tanggapan Denmark atas Gugatan Penghentian Ekspor ke Israel

Abbas juga mengungkapkan rencananya kepada putra mahkota untuk mengunjungi Gaza bersama anggota kepemimpinan Palestina. Kunjungan ini bertujuan untuk "menghentikan genosida terhadap rakyat kami, memastikan penarikan pasukan pendudukan Israel dari seluruh Jalur Gaza, dan menegaskan kedaulatan penuh Negara Palestina atas seluruh tanah Palestina, termasuk Gaza dan Tepi Barat."

Pada pertengahan Agustus, Abbas telah menyampaikan niatnya untuk mengunjungi Gaza kepada parlemen Turki dan meminta dukungan dari Dewan Keamanan PBB serta komunitas internasional.

Selain itu, kedua pemimpin menyoroti pentingnya tindakan politik oleh Komite Menteri yang dipimpin oleh Arab Saudi, yang bertujuan untuk mendapatkan pengakuan lebih luas atas Negara Palestina dan keanggotaan penuh di PBB.

Bin Salman kembali menegaskan dukungan Arab Saudi yang tak tergoyahkan untuk rakyat Palestina dan hak-hak mereka yang sah berdasarkan hukum internasional.

BACA JUGA: Mesir Desak Upaya Gencatan Senjata di Gaza dan Peringatkan Potensi Konflik di Lebanon

BACA JUGA:Serangan Israel di Gaza Tewaskan 71 Warga Palestina dalam Sehari, Korban Capai 40.405

Israel terus melanjutkan serangan brutalnya di Jalur Gaza sejak tindakan Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, meskipun ada resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

Serangan Israel di Gaza telah menyebabkan hampir 40.500 kematian warga Palestina, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, serta lebih dari 93.500 orang terluka, menurut otoritas kesehatan setempat. Blokade yang berkepanjangan telah menyebabkan krisis pangan, air bersih, dan obat-obatan yang parah, serta meninggalkan sebagian besar Gaza dalam kehancuran.

Sumber: antara