6 Manfaat Luar Biasa dari Diam Menahan Kata

6 Manfaat Luar Biasa dari Diam Menahan Kata

Manfaat Luar Biasa Diam-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR – Terdapat beberapa manfaat diam yang pasti belum banyak kita ketahui. Lihatlah sekeliling, berapa banyak orang yang terkena masalah hanya karena kata-kata.

Bahkan hingga hari ini, masih banyak yang suka berkata-kata tentang orang lain untuk mempermalukan satu sama lain. Terkadang, mereka berbicara tanpa alasan, hanya untuk mendapatkan perhatian dan validasi.

Namun, diam bukan berarti tidak berkata sepatah kata pun. Diam artinya tidak berbicara tanpa alasan yang berharga. Berbicara hanya jika diperlukan, dan jika ada nilai yang terkandung di dalamnya.

Sang Buddha pernah berkata bahwa sebelum berbicara, biarkan kata-kata kita melewati tiga gerbang. Gerbang pertama, apakah kata-kata tersebut berharga atau tidak?

Gerbang kedua, apakah kata-kata tersebut diperlukan atau tidak? Dan gerbang ketiga, apakah kata-kata tersebut dapat membuat perbedaan bagi yang mendengarnya?

Mereka yang memahami kapan, di mana, dan berapa banyak yang harus dibicarakan akan dihormati dan dihargai. Kata-kata yang diucapkan tidak akan pernah kembali, sama seperti anak panah yang dilepaskan.

BACA JUGA:7 Ciri-Ciri Orang Silent Achiever yang Diam-Diam Sukses, Introvert Wajib Tahu!

BACA JUGA:8 Situasi Dimana Kita Lebih Baik Diam

Kata-kata adalah seperti senjata. Oleh karena itu, kita harus belajar menggunakannya dengan bijak. Orang yang tidak memiliki kendali atas perkataannya akan selalu menempatkan dirinya dalam kesulitan dan kehilangan kendali atas segalanya. Diam berarti fokus pada tujuan dan pekerjaan Anda.

6 Manfaat Luar Biasa dari Diam

Kali ini, kita akan melihat 6 manfaat luar biasa dari diam dan menahan kata-kata tertentu terucap dari mulut kita.

1. Diam Membuat Lawan Bingung

Salah satu pejuang hebat pada zamannya, Sun Tzu, pernah berkata bahwa orang yang akan menang adalah orang yang tahu kapan harus berbicara dan kapan harus diam. Sun Tzu mengalahkan ribuan musuhnya dengan kekuatan diamnya.

Berkali-kali, dia membuat lawannya bingung dan berpikir keras karena kekuatan diamnya. Dia berkata bahwa ketika Anda diam, musuh akan bingung dan mulai berpikir tentang Anda dan rencana Anda ke depannya. Musuh akan kehilangan fokus pada tujuan mereka sendiri.

Sepuluh orang yang berbicara akan lebih berisik daripada seribu orang yang diam. Kadang, musuh lebih mudah mengalahkan kita karena kita terlalu berisik. Membingungkan lawan dengan diam, dan menangkan pertempuran dengan gaya Anda.

2. Diam Membentuk Fokus pada Satu Titik

Diam bukan berarti tanpa kata-kata, tetapi diam menghadirkan fokus. Orang yang pendiam biasanya memiliki banyak ide dan hal yang ingin mereka katakan, tetapi mereka hanya berbicara ketika diperlukan. Jika kita ingin mencapai sesuatu yang besar dalam hidup atau mengerjakan proyek besar, kita butuh fokus.

Sumber: