Wamen ATR/Waka BPN Raja Juli Antoni Kenakan Baju Adat Betawi di HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Wamen ATR/Waka BPN Raja Juli Antoni Kenakan Baju Adat Betawi di HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN

Wamen ATR Waka BPN Raja Juli Antoni Kenakan Baju Adat Betawi di HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN--(Sumber Gambar: Istimewa)

RADAR JABAR -Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN) sekaligus Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Raja Juli Antoni, tampil menarik perhatian dengan mengenakan baju adat Betawi. Pada Sabtu (17/08/2024), ia hadir dalam upacara yang digelar di Lapangan Upacara Istana Negara, IKN, dengan mengenakan pakaian tradisional yang khas dari Jakarta.

Langkah ini, menurut Raja Juli Antoni, merupakan bentuk penghormatan dan terima kasih kepada Jakarta, kota yang telah banyak memberikan kontribusi besar terhadap bangsa Indonesia. "Hari ini saya memakai adat Betawi karena ini adalah upacara transisi, untuk mengingatkan kepada kita, mengucapkan selamat datang kepada Nusantara tapi jangan lupakan Betawi, Jakarta yang selama ini sudah banyak memberikan kontribusi terhadap bangsa," ungkapnya saat berbicara kepada awak media.

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI kali ini mengusung tema “Indonesia Maju, Nusantara Baru” dan diselenggarakan secara hybrid, dengan upacara diadakan di dua lokasi utama: Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Jakarta. Di IKN, Presiden Joko Widodo bersama Presiden Terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, memimpin jalannya upacara. Sementara di Jakarta, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wapres Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, memimpin upacara di Ibu Kota yang lama.

 

BACA JUGA:Didampingi Wamen ATR/Waka BPN, Jokowi Resmikan Jembatan Pulau Balang: Perjalanan Balikpapan-IKN Kini 1,5 Jam

 

Raja Juli Antoni mengungkapkan rasa syukurnya atas suksesnya penyelenggaraan upacara pertama yang digelar di IKN. "Alhamdulillah wa syukurillah, akhirnya pada hari ini kita akan segera menyelenggarakan upacara pertama di IKN," tuturnya dengan penuh rasa haru.

Upacara peringatan di IKN bukan hanya sekadar seremonial, melainkan juga simbol transisi dari Jakarta sebagai Ibu Kota menuju Nusantara.

Penggunaan baju adat Betawi oleh Raja Juli Antoni dalam kesempatan ini mengandung pesan kuat bahwa meskipun Ibu Kota kini beralih ke Nusantara, peran dan warisan budaya Jakarta sebagai pusat pemerintahan selama puluhan tahun tetap diakui dan dihargai.

 

BACA JUGA:Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono Dianugerahi Bintang Mahaputera Nararya oleh Presiden Jokowi

 

"Insyaallah acara berjalan lancar. Udara hari ini sejuk, insyaallah kita akan saksikan secara bersama, secara khidmat, dan rasanya penuh haru," ujar Raja Juli Antoni, yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Wakil Pembina IKAWATI ATR/BPN, Nurlaili Raja Juli Antoni.

Sumber: