5 Perbedaan Keturunan India di Indonesia dan Malaysia

5 Perbedaan Keturunan India di Indonesia dan Malaysia

Perbedaan Keturunan India di Indonesia dan Malaysia-Ist-

RADAR JABAR - Keberadaan komunitas orang India di Indonesia dan Malaysia membawa cerita yang unik dan berbeda. Di Indonesia, orang India telah berintegrasi dengan baik dalam masyarakat, terutama dalam hal bahasa dan pakaian.

Misalnya, orang India di Indonesia sulit dibedakan dari masyarakat setempat. Sementara itu, di Malaysia, komunitas India menjadi salah satu dari tiga etnis terbesar di negara tersebut.

Keberadaan orang India di Malaysia lebih kentara karena mereka sering menonjolkan budaya nenek moyang mereka, seperti pakaian, makanan, dan bahasa. Adanya sekolah vernakular di Malaysia membuat bahasa India lebih banyak digunakan oleh komunitas mereka daripada bahasa Malaysia sendiri.

Perbedaan Keturunan India di Indonesia dan Malaysia

Kali ini, kita akan membahas perbedaan antara orang India di Indonesia dan di Malaysia. Mengenai perbedaan ini, kami akan mengutip penjelasan dari seorang YouTuber bernama Mirna Nagaya, warga negara Indonesia keturunan India yang kini menetap di Malaysia.

1. Nenek Moyang

Sebelum melihat perbedaannya, ada persamaan antara orang India di Indonesia dan di Malaysia. Keduanya memiliki nenek moyang yang datang dari India, yang satu menetap di Malaysia dan yang lain di Indonesia.

BACA JUGA:Mengapa Orang India Suka Makan Pakai Tangan? Kepercayaan Ini Jadi Penyebabnya

2. Bahasa

Mengenai adat dan kebudayaan, keduanya sama, termasuk bahasa India yang digunakan. Perbedaannya, mungkin karena Malaysia pernah dijajah oleh Inggris, sehingga ada sedikit percampuran bahasa Inggris dalam bahasa Tamil.

Sedangkan Indonesia dijajah oleh Belanda, yang tidak mengajarkan bahasa mereka kepada daerah jajahannya. Oleh karena itu, bahasa Hindi di Indonesia lebih bercampur dengan bahasa Indonesia.

Orang India di Indonesia lebih mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari, sedangkan di Malaysia mereka menggunakan bahasa ibu. Terdapat perbedaan mencolok antara orang India di Indonesia dan di Malaysia.

3. Makanan

Dari segi makanan, orang India di Malaysia rata-rata lebih memilih makanan khas India. Namun, orang India di Indonesia jarang mengonsumsi makanan India, mungkin hanya sekali atau dua kali dalam seminggu. Selebihnya, mereka lebih memilih makanan khas Indonesia seperti gulai atau tahu.

Dari segi pakaian, orang India di Malaysia lebih sering terlihat menggunakan pakaian adat India, bahkan ketika pergi ke kantor. Mereka biasa memakai pakaian adat India seperti sari. Di Indonesia, orang India lebih kasual dan menyatu dengan masyarakat sekitar. Pakaian adat India hanya dikenakan ketika pergi ke kuil atau menghadiri pesta.

4. Hubungan Keluarga

Dari segi koneksi, sekitar 80% orang India di Malaysia masih memiliki hubungan dengan keluarga mereka di India. Di Indonesia, hanya sedikit yang masih terhubung dengan keluarga di India, lebih banyak yang sudah kehilangan kontak.

5. Selera Makanan

Dari segi makanan, orang India di Malaysia lebih sering mengonsumsi makanan khas India, sementara di Indonesia mereka lebih sering mengonsumsi masakan lokal.

BACA JUGA:Makna Sapi Liar di India hingga Dibiarkan Berkeliaran, Picu Konflik dan Wabah Kelaparan

Sumber: