Mengapa Orang India Suka Makan Pakai Tangan? Kepercayaan Ini Jadi Penyebabnya

Mengapa Orang India Suka Makan Pakai Tangan? Kepercayaan Ini Jadi Penyebabnya

Alasan Orang India Suka Makan Pakai Tangan-Edited RJ-

RADAR JABAR - Apakah kalian masih bertanya-tanya, mengapa orang India suka makan pakai tangan? Mari kita kenali terlebih dahulu makanan-makanan yang ada di negara ini.

India adalah salah satu negara yang terletak di Asia Selatan. Negara ini memiliki banyak keunikan, salah satunya adalah dalam bidang kuliner yang menarik untuk dibahas.

Diketahui bahwa di India terdapat berbagai macam ragam kuliner yang membuat penasaran wisatawan, mulai dari cara penyajiannya hingga cara menyantapnya. Mirip dengan di Indonesia, orang India juga lebih senang menyantap makanan langsung dengan tangan dalam setiap kesempatan.

Mereka terlihat seperti tidak pernah menggunakan sendok maupun garpu. Ternyata, menyantap makanan dengan tangan merupakan tradisi masyarakat India sejak lama.

Masyarakat India percaya bahwa ketika menyantap makanan dengan tangan, manusia dapat berhubungan langsung dengan makanan dan merasakan tekstur dari makanan tersebut.

Hal ini dapat meningkatkan kenikmatan dan juga nafsu saat makan. Menyantap makanan dengan tangan juga diyakini sebagai saluran lima elemen kehidupan, yaitu udara, api, air, tanah (atau Bumi), dan kaca (yang dimaksudkan sebagai ruang angkasa).

BACA JUGA:Selain India, Ini 10 Negara Paling Tidak Aman Dikunjungi Turis

Makan langsung pakai tangan seperti orang India mungkin bagi kita terlihat kurang higienis. Namun, menurut Indian Today, selain karena sudah menjadi tradisi, kebiasaan orang India ini sesuai dengan ayurveda, ilmu kesehatan India sesuai kepercayaan agama Hindu.

Mereka percaya bahwa tangan adalah pusat kekuatan yang menghubungkan lima elemen kehidupan. Selain itu, mereka merasa lebih cepat menyiapkan makanan ketika menggunakan tangan.

Selain itu, menyantap makanan dengan tangan bisa menghindari lidah terbakar, karena tangan dipercaya sebagai reseptor yang baik.

Mantan perdana menteri India, Jawaharlal Nehru, pernah mengatakan bahwa menyantap makanan dengan tangan seperti makan durian dengan sendok dan pisau, seperti bercinta dengan penerjemah.

Selanjutnya, terdapat beberapa jenis makanan tradisional India seperti roti, Pani Puri, dan khafaji yang tidak dapat dinikmati dengan menggunakan alat bantu apapun selain tangan.

Namun, muncul pertanyaan mengenai nasi, sebagai makanan pokok, yang dinikmati dengan menggunakan tangan. Biasanya, mereka mencampur nasi dengan bumbu kuah kari dan mengaduknya dengan tangan kosong.

BACA JUGA:10 Street Food India Paling Populer yang Sayang untuk Dilewatkan

Sumber: