Irjen Tekankan Satker di Provinsi Jawa Barat untuk Bangun Zona Integritas, Wujudkan Visi Kementerian ATR/BPN

Irjen Tekankan Satker di Provinsi Jawa Barat untuk Bangun Zona Integritas, Wujudkan Visi Kementerian ATR/BPN

Irjen Tekankan Satker di Provinsi Jawa Barat untuk Bangun Zona Integritas, Wujudkan Visi Kementerian ATR/BPN --Istimewa

RADAR JABAR - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), R.B. Agus Widjayanto mengimbau seluruh satuan kerja (Satker) untuk membangun Zona Integritas dalam rangka mewujudkan visi kementerian berkelas dunia. Demikian ia sampaikan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Jawa Barat di Alhambra Hotel & Convention, Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (23/07/2024).

“Dimulai di tahun 2024 ini, kita membangun dengan kesadaran yang sama, persepsi yang sama, membangun kantor menjadi tertib administrasinya, membangun integritasnya, komitmennya, saya ingin kita bangun Zona Integritas ini dalam rangka membangun kantor dengan standar yang sama, yang berkelas dunia,” ujar R.B. Agus Widjayanto.

Zona Integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah, di mana pimpinan dan jajaran memiliki komitmen untuk mewujudkan menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi. Dalam hal ini, Zona Integritas merupakan pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Bagaimana kegiatan-kegiatan terutama program strategis nasional bisa tercapai sesuai target, tidak ada kebocoran, sehingga antara anggaran dan target itu tercapai, tapi juga kualitasnya baik. Saya senang dengan evaluasi-evaluasi yang dilakukan oleh Kanwil, semoga dengan itu targetnya tercapai dan tidak menimbulkan permasalahan,” ungkap Irjen Kementerian ATR/BPN.

 

BACA JUGA: Kejar Target Program Strategis, Kementerian ATR/BPN Lakukan Monitoring dan Evaluasi secara Berkala

 

Sementara itu, Kepala Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat, Yuniar Hikmat Ginanjar melaporkan saat ini Satker di bawahnya telah melaksanakan berbagai peningkatan kualitas pelayanan pertanahan yang juga merupakan salah satu upaya membangun Zona Integritas. Salah satunya, yakni dengan mengimplementasikan layanan Sertipikat Tanah Elektronik.

“Alhamdulillah Bapak, 17 Kantor Pertanahan di lingkungan Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat baru kami launching implementasi Sertipikat Tanah Elektronik. Sebelumnya, 11 Kantor Pertanahan yang sudah lebih dahulu, sehingga Jawa Barat seluruhnya sudah lengkap menjalankan layanan untuk Sertipikat Tanah Elektronik,” ungkap Yuniar Hikmat Ginanjar.

Sebagai informasi, peresmian implementasi Sertipikat Tanah Elektronik untuk 17 Kantor Pertanahan Jawa Barat dilakukan pada Senin (22/07/2024) yang disaksikan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana secara daring. 

Adapun Rakerda yang berlangsung pada 22 s.d. 24 Juli 2024 ini dihadiri oleh jajaran Pejabat Fungsional Madya beserta jajaran Kanwil BPN Provinsi Jawa Barat dan Kepala Kantor Pertanahan se-Provinsi Jawa Barat. (YS/GE)

Sumber: