Menakar Peta Politik Pilgub Jabar

Menakar Peta Politik Pilgub Jabar

Ilustrasi--

RADAR JABAR - Jelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah dan Gubernur di Jawa Barat, Direktur Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP), Neni Nur Hayati menilai perkembangannya masih belum bisa di ukur diatas kertas, meskipun incumbent kembali bertarung dalam kontestasi tersebut.

 

Menurut Neni, partai politik masih melakukan pengkajian, penilaian, penimbangan secara matang dan serius, untuk menentukan siapa-siapa saja yang akan bertarung dalam kontestasi tersebut.

 

Hal itu bukan tanpa alasan, diutarakan Neni, sebagai daerah dengan populasi terbanyak, dan luas wilayah yang besar, Jawa Barat memiliki nilai strategis yang sangat tinggi untuk di perebutkan oleh partai politik, sehingga bukan hal yang aneh jika sampai saat ini partai politik belum menentukan nama tetap yang di usung untuk Pilgub Jabar.

 

“Peta politik di Provinsi Jawa Barat masih dinamis dan partai partai yang memiliki kursi masih tarik ulur menunggu partai mana mengumumkan siapa. Karena semua partai saya kira sangat kalkulatif dalam mempertimbangkan nama-nama apalagi Jawa Barat sebagai provinsi yang strategis,”katanya. Rabu (24/7/2024).

 

Meski begitu dikatakan Neni, sejumlah nama seperti Ridwan Kamil (Golkar), Dedi Mulyadi (Gerindra), Ilham Habibie (Nasdem), Ono Surono (PDI-P) hingga Haru Suandharu (PKS) menjadi nama nama Calon Gubernur yang sudah ramai di perbincangkan saat ini.

 

“Nama Ridwan Kamil masih menjadi sosok yang memiliki elektabilitas dan popularitas tinggi tetapi masih belum ada kepastian akan diberikan rekomendasi di provinsi mana. Kedua Dedi Mulyadi. Nama Haru Suandaru juga menjadi salah satu kandidat penantang cukup kuat dan diperhitungkan karena suara PKS dalam pemilu 2024 menempati posisi ketiga dan memiliki basis massa yang kuat, Tidak dipungkiri soliditas ini mampu mendongkrak dan cukup menjadi perhatian partai lain”jelasnya.

 

Iapun masih menantikan siapa yang akhirnya akan di usung Partai Politik, mengingat Golkar yang menaungi Ridwan Kamil sebagai Incumbent masih belum memunculkan siapa kadernya yang akan bertarung di Pilgub Jabar.

 

Sumber: