Pesan Khusus NATO untuk China Terkait Kerjasama dengan Rusia

Pesan Khusus NATO untuk China Terkait Kerjasama dengan Rusia

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg ungkap pihaknya mengirimkan sebuah pesan yang kuat kepada China seputar kerjasama dengan Rusia-Xinhua-ANTARA

Radar Jabar Disway – Organisasi Pakta Perhanan Atlantik Utara (NATO) mengirimkan sebuah pesan yang kuat kepada China seputar kerjasama negara Tirai Bambu tersebut dengan Rusia. Hal ini dinyatakan oleh Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg.

 

“Deklarasi yang kami setujui hari ini adalah pesan terkuat yang pernah dikirimkan oleh sekutu NATO tentang kontribusi China terhadap perang illegal Rusia melawan Ukraina, sehingga itu merupakan pesan yang kuat,” jelasnya dalam konferensi pers pasca hari pertama Konferensi tingkat tinggi (KTT) NATO di Washington, dikutip dari Antara.

 

KTT NATO berlangsung di ibu kota Amerika Serikat, Washington D.C, sejak Selasa 9 Juli 2024 sampai Kamis 11 Juli 2024.

 

BACA JUGA:Blinken dan Stoltenberg Bahas Keanggotaan NATO untuk Ukraina

 

Secara khusus, deklarasi KTT Washington meminta China “untuk menghentikan semua dukungan material dan politik terhadap upaya perang Rusia,” yang diduga termasuk “transfer material penggunaan ganda, semisal komponen senjata, peralatan, dan bahan mentah yang menjadi input untuk sektor pertahanan Rusia.”

 

Amerika Serikat sudah lama berasumsi bahwa perusahaan-perusahaan China telah membagikan dukungan militer terhadap Rusia. Tapi siatu klaim ini telah mendapat bantahan dari kedua negara.

 

China menyatakan pihaknya ada di kubu netral dalam konflik Ukraina. Mereka pun menegaskan bahwa tak memanfaatkan konflik itu guna menjual senjata kepada pihak mana pun.

 

Sumber: