Kiamat Menurut 5 Agama Besar di Dunia, Mirip Pandangan Islam?

Kiamat Menurut 5 Agama Besar di Dunia, Mirip Pandangan Islam?

Kiamat Menurut Berbagai Agama Besar di Dunia-Ilustrasi/Pixabay-

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Sesungguhnya Dajjal muncul dari bumi di sebelah timur yang bernama Khurasan, diikuti oleh kaum yang wajahnya laksana perisai yang ditempa” (hadis riwayat Ahmad, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Dalam hadis lain, Rasulullah SAW juga bersabda, “Dajjal muncul dari tengah-tengah Yahudi Isfahan bersama 70.000 orang Yahudi yang memakai mahkota” (HR Ahmad).

Selain Dajal, terdapat dua tokoh protagonis lain yang akan muncul di akhir zaman, yaitu Imam Mahdi di Madinah dan Nabi Isa AS di sebuah masjid di Damaskus.

Selanjutnya, akan terjadi keluarnya Yakjuj dan Makjuj, munculnya Ad-Dabah, terbitnya matahari dari barat, dan peristiwa-peristiwa lainnya hingga terjadinya kiamat. Saat itu, semua manusia akan dimatikan oleh Allah SWT, dan yang terakhir hidup adalah seorang penggembala kambing dari suku asli Madinah.

Dia tidak menyadari bahwa dirinya adalah manusia terakhir yang hidup di muka bumi. Setelah masuk ke Kota Madinah dan tidak menemukan tanda-tanda kehidupan, dia meninggal dunia saat telapak kakinya menyentuh tanah Kota Madinah. Barulah setelah itu, sangkakala terakhir akan ditiupkan. Wallahu alam bishawab.

Sumber: