8 Fitur Terbaru iOS 18 Bawa Kecanggihan AI Termasuk Apple Intelligence

8 Fitur Terbaru iOS 18 Bawa Kecanggihan AI Termasuk Apple Intelligence

Fitur Terbaru iOS 18 Bawa Kecanggihan AI-RJ-

RADAR JABAR - Apple secara resmi mengumumkan peluncuran iOS 18 pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, yang membawa berbagai peningkatan fitur untuk iPhone.

Salah satu fitur utama adalah Apple Intelligence, inisiatif kecerdasan buatan (AI) perusahaan, yang tersedia untuk perangkat dengan chip A17 dan semua seri chip M. Alat AI ini membantu dalam pengaturan notifikasi, penulisan ulang teks, proofreading, dan merangkum teks.

Aplikasi Mail juga mendapatkan fitur saran Balasan Cerdas dan kemampuan menampilkan email prioritas di bagian atas kotak masuk. Apple menekankan bahwa AI mereka "berdasarkan informasi dan konteks pribadi Anda" dan dapat merujuk pada apa yang pengguna lihat di layar.

Namun, Apple memastikan privasi tetap terjaga dengan pemrosesan data di perangkat, sehingga AI mengetahui data pribadi pengguna tetapi tidak mengumpulkannya.

BACA JUGA:Apple Secara Resmi Mengumumkan iOS 18 di WWDC 2024

Melansir The Verge, Senior Vice President of Software Engineering Apple, Craig Federighi, mendemonstrasikan berbagai peningkatan baru pada aplikasi Apple dan sistem operasinya.

iOS 18 menitikberatkan pada kecerdasan buatan dan fitur AI generatif. Fitur Apple Intelligence akan tersedia di iPhone, iPad, dan Mac melalui iOS 18. Berikut adalah beberapa fitur iOS 18 terbaru untuk iPhone:

1. Control Center

Mirip dengan Android, Control Center di iOS 18 kini dapat dimodifikasi dan dipindahkan. Kontrol media dan smart home mendapatkan posisi utama.

Selain itu, aplikasi pihak ketiga bisa menawarkan integrasi dengan Control Center. iOS 18 juga memungkinkan pengguna mengganti ikon kamera dan senter default di layar kunci dengan tombol Control Center sesuai keinginan.

2. Kustomisasi Home Screen

Berbeda dengan sebelumnya, iOS 18 menawarkan fleksibilitas dalam penempatan ikon di homescreen, memungkinkan perubahan yang lebih mudah. Dalam mode gelap, ikon aplikasi akan memiliki warna lebih gelap agar lebih mudah dilihat. Pengguna juga dapat menerapkan kombinasi warna tertentu sesuai keinginan.

3. Messages

Pengguna sekarang dapat menggunakan emoji apa pun dalam respons Tapback dan ada format baru untuk huruf tebal, garis bawah, coretan, dan huruf miring. Apple juga memperluas komunikasi satelit iPhone untuk memungkinkan pengiriman pesan melalui satelit.

BACA JUGA:5 Fitur Terbaru iOS 17.5 yang Menarik dari Apple, Cek iPhone Kamu sekarang!

Selain itu, aplikasi Messaging akan memiliki opsi penjadwalan pesan, mirip dengan Google Messages. Apple telah mengonfirmasi bahwa RCS akan hadir di aplikasi Messages di iOS 18.

4. Peningkatan Privasi

iOS 18 meningkatkan privasi dengan fitur autentikasi untuk aplikasi tertentu atau opsi untuk menyembunyikan aplikasi jika digunakan oleh orang lain selain pemilik. Pengguna juga bisa mengontrol kontak mana yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

5. Game Mode

Sumber: