Tim PPM UNY dan Disdikpora Kabupaten Pangandaran Selenggarakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

Tim PPM UNY dan Disdikpora Kabupaten Pangandaran Selenggarakan Pelatihan untuk Tingkatkan Kompetensi Guru

Pangandaran, Jumat (7/6) - Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan serangkaian pelatihan di SMPN 1 Pangandaran-Ilustrasi -(sumber gambar: Pixabay)

Materi ini bertujuan agar guru mampu menghasilkan proposal lengkap dengan modul ajar, LKPD, dan asesmennya. "Harapannya meningkatkan kinerja guru ketika mengajar dan yang kedua memiliki karya ilmiah untuk kebutuhan kenaikan pangkat," ujar Dr. Kastam Syamsi, M.Ed.

Sebanyak 34 guru dari berbagai kecamatan di Pangandaran antusias mengikuti pelatihan ini. Salah satu peserta, Indri Risantika, S.Pd., dari SMPN Satu Atap Parigi, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat inspiratif dan bermanfaat baginya dalam mengajar Bahasa Indonesia.

Pertemuan pertama dilaksanakan secara luring di SMPN 1 Pangandaran, sementara pertemuan kedua hingga keempat akan dilakukan secara daring.

Pendampingan daring ini bertujuan untuk memberikan dukungan lanjutan dan memungkinkan para guru berkonsultasi langsung dengan para ahli mengenai tantangan yang mereka hadapi dalam penerapan di lapangan. Target akhir dari kegiatan ini adalah para guru mampu menghasilkan luaran berupa karya tulis yang berkualitas.

Dengan kegiatan ini, diharapkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP di Kabupaten Pangandaran akan meningkat secara signifikan. Tim PPM UNY berharap pelatihan ini dapat menjadi langkah awal menuju terciptanya lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif, inovatif, dan produktif bagi para guru dan siswa. *)

Sumber: