15 Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan yang Wajib Kalian Ketahui!

15 Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan yang Wajib Kalian Ketahui!

Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Tips mendaki gunung di musim hujan ini bisa di praktekan ketika kalian memiliki sebuah hobby dan ingin melakukan pendakian. 

Pendakian gunung di musim hujan memang menantang, namun dengan persiapan yang tepat,kalian tetap bisa menikmati petualangan ini dengan aman dan nyaman. Berikut beberapa tips yang perlu diingat sebelum memulai pendakian di musim hujan.

Tips Mendaki Gunung di Musim Hujan

1.Cek Prakiraan Cuaca

Sebelum memulai pendakian, pastikan untuk memantau prakiraan cuaca dari BMKG. Hal ini penting agar kalian dapat memperkirakan kondisi di lapangan nantinya. Jika cuaca sangat tidak memungkinkan, sebaiknya tunda pendakian demi keselamatan.

2.Pilih Gunung dengan Medan yang Mudah

Pilihlah gunung dengan medan pendakian yang mudah, tidak terlalu tinggi, dan memiliki waktu pendakian yang singkat. Ini akan meminimalisir risiko kecelakaan dan kelelahan yang berlebihan.

3.Cek Kondisi Perlengkapan Mendaki

Pastikan semua perlengkapan mendaki kalian  dalam kondisi baik. Periksa tenda, pasak, frame, dan layer untuk memastikan semuanya siap digunakan dan tidak ada yang rusak.

4.Siapkan Banyak Pakaian Ganti

Cuaca di gunung bisa berubah dengan cepat, jadi siapkan banyak pakaian ganti. Pilih pakaian yang cepat kering dan dapat menahan hujan untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan kalian selama pendakian.

 

BACA JUGA:Mau Mendaki Tapi Masih Pemula? Simak 7 Gunung Terpendek di Indonesia yang Cocok untuk Pendaki Pemula

 

5.Membawa Perlengkapan yang Memadai

Sumber: berbagai sumber