12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

Kota Metropolitan Terbesar di Dunia-Ilustrasi: Beijing-Unsplash-

RADAR JABAR - Wilayah metropolitan adalah suatu wilayah yang terdiri dari inti perkotaan yang berpenduduk padat dan wilayah sekitarnya yang berpenduduk lebih sedikit di bawah pembagian administratif yang sama. Saat ini, terdapat beberapa kota metropolitan terbesar di dunia.

Pusat populasi dan sekitarnya memiliki integrasi ekonomi dan sosial yang tinggi, berbagi dalam industri, infrastruktur, dan perumahan.

Pertumbuhan wilayah metropolitan bukanlah hal yang mengejutkan karena tingkat urbanisasi yang tinggi secara global. Sekitar 68% penduduk dunia diperkirakan akan tinggal di daerah perkotaan pada tahun 2050.

Masyarakat tertarik pindah ke kota karena adanya pasar kerja dan harapan akan pendapatan yang lebih tinggi. Selain itu, adopsi internet secara massal, teknologi terkait, dan kebutuhan akan inovasi melalui kolaborasi telah menarik generasi milenial untuk pindah ke kota.

12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia

Inilah 12 daftar kota metropolitan terbesar di dunia dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan pusat perekonomian di negaranya.

1. Karachi

Terletak di pantai Laut Arab, Karachi adalah ibu kota provinsi Sindh, Pakistan, dan salah satu kota terbesar dan terpadat di dunia. Karachi terkenal dengan keanekaragaman budayanya yang kaya, dengan penduduknya yang berasal dari berbagai latar belakang etnis dan agama.

BACA JUGA:10 Kota Termiskin di Indonesia Pada 2024 Menurut Data BPS

Kota metropolitan ini memiliki penduduk sebesar 20 juta jiwa. Sebagai pusat ekonomi dan komersial utama, kota ini memainkan peran penting dalam perekonomian negara dengan sektor tekstil yang berkembang pesat serta lembaga-lembaga korporasi dan keuangan besar.

Tingginya angka kriminalitas dan tidak tersedianya kebutuhan pokok seperti listrik dan air minum merupakan tantangan berat yang dihadapi kota metropolitan besar ini.

2. Beijing

Terletak di Tiongkok Utara, dekat perbatasan dengan Mongolia Dalam, Beijing adalah ibu kota Republik Rakyat Tiongkok dan salah satu kota terbesar di dunia dengan populasi sekitar 20,4 juta jiwa.

Sebagai pusat ekonomi dan keuangan yang sangat besar, dengan banyak perusahaan multinasional dan lembaga keuangan, Beijing juga menghadapi sejumlah tantangan seperti kota metropolitan besar lainnya, seperti kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan keterjangkauan perumahan.

Kota ini memiliki situs politik dan budaya utama dengan landmark dan tempat wisata penting, termasuk Kuil Surga, Kota Terlarang, dan Istana Musim Panas.

3. Kolkata

Kolkata adalah ibu kota negara bagian Bengala Barat di India dan terletak di Sungai Hooghly. Kolkata adalah pusat komersial dan pendidikan di India Timur serta salah satu pelabuhan tertua yang masih beroperasi di negara ini.

Kota metropolitan ini memiliki jumlah penduduk sebesar 21,7 juta jiwa dan menjadi wilayah metropolitan terbesar ketiga di India. Kota ini cukup populer dengan arsitektur kolonial megah, festival budaya, galeri seni, markas besar misionaris amal, dan banyak lagi.

Sumber: