12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

Kota Metropolitan Terbesar di Dunia-Ilustrasi: Beijing-Unsplash-

Terletak di bagian barat laut Korea Selatan, Seoul adalah ibu kota dan kota metropolitan yang luas dengan populasi 26 juta jiwa, menjadikannya salah satu kota terbesar di dunia. Kota ini terkenal dengan arsitektur ultramodern dan akar budayanya yang kaya.

Seperti kota metropolitan besar lainnya, Seoul juga berfungsi sebagai pusat perusahaan multinasional, lembaga keuangan, dan startup. Karena ukurannya yang sangat besar, wisatawan bisa menghabiskan waktu seminggu di Seoul untuk melihat atraksi terbaik kota ini.

Selain semua kegiatan keuangan dan budaya, kota ini memiliki indeks kualitas udara yang buruk dan masalah kemacetan lalu lintas yang memerlukan perhatian dari otoritas yang lebih tinggi di negara ini.

9. Shanghai

Shanghai adalah kota besar yang ramai dan terletak di Tiongkok Timur dengan populasi sekitar 27,1 juta jiwa. Kota ini adalah kota terbesar di Tiongkok berdasarkan jumlah penduduk dan salah satu kota terbesar di dunia.

BACA JUGA:10 Kota dengan Gaji Tertinggi di Indonesia, UMK Tinggi Cocok untuk Perantau

Kota metropolitan ini terkenal dengan cakrawala futuristiknya yang luar biasa, dengan banyak gedung pencakar langit dan bangunan ikonik seperti Menara Oriental Pearl dan Menara Shanghai. Kota ini juga dikenal sebagai "Mutiara dari Timur" dan "Paris dari Timur".

Sebagai pusat global dan pusat utama perdagangan, Shanghai memainkan peran penting dalam perekonomian Tiongkok. Namun, terlepas dari semua perkembangan tersebut, Shanghai masih menghadapi tantangan seperti polusi udara dan kemacetan lalu lintas.

10. Delhi

Delhi adalah kota yang terletak di India Utara dan menjadi salah satu kota terpadat di dunia. Sebagai pusat metropolitan India, tidak mengherankan jika Delhi menawarkan banyak hal penuh petualangan untuk dilakukan dan dilihat oleh para wisatawan.

Kota metropolitan ini memiliki penduduk sebanyak 32,3 juta jiwa. Kota ini juga merupakan pusat kegiatan politik dan administratif negara dengan banyak bisnis, lembaga keuangan, dan perusahaan rintisan terkemuka di India.

Delhi memiliki sejarah dan budaya yang kaya dengan banyak landmark dan monumen bersejarah seperti Qutub Minar, Benteng Merah, dan Makam Humayun yang mencerminkan beragam pengaruh budaya. Namun, kota metropolitan ini mempunyai beberapa tantangan termasuk kemacetan lalu lintas yang cukup parah dan indeks kualitas udara yang buruk.

11. Jakarta

Jakarta adalah ibu kota dan kota terbesar di Indonesia serta merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara. Wilayah metronya sangat luas sehingga mempunyai nama tersendiri yaitu Jabodetabek, yang merupakan inisial untuk Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

BACA JUGA:10 Kota Ternyaman di Indonesia untuk Ditinggali Jangka Panjang

Metro Jakarta memiliki jumlah penduduk sebesar 33,9 juta jiwa. Kota ini terkenal dengan kulinernya yang kaya dan budayanya yang dinamis dengan banyak teater, museum, galeri seni, dan pusat kebudayaan yang menampilkan kekayaan sejarah negeri ini.

Selain itu, kota ini memiliki banyak lembaga keuangan, bisnis, dan startup yang menjadikannya pusat perdagangan utama di Asia Tenggara. Namun, kota ini juga menghadapi permasalahan seperti polusi dan perubahan iklim.

12. Tokyo

Ada 23 distrik yang membentuk kota ini dengan populasi sekitar 37,7 juta orang. Tokyo adalah ibu kota dan kota metropolitan Jepang yang sangat ramai. Tokyo adalah kota dengan penduduk terbanyak di dunia dan merupakan pusat politik, ekonomi, dan budaya Jepang.

Sumber: