12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

12 Kota Metropolitan Terbesar di Dunia, Jakarta Masuk Urutan Ini

Kota Metropolitan Terbesar di Dunia-Ilustrasi: Beijing-Unsplash-

Kolkata juga terkenal dengan gaya hidupnya yang penuh semangat, jalanan yang ramai, dan orang-orang yang riuh.

4. Kairo

Terletak di tepi Sungai Nil di utara Mesir, kota metropolitan Kairo adalah ibu kota dan kota terbesar di Mesir serta salah satu kota terbesar di Afrika dan Timur Tengah dengan jumlah penduduk sebesar 22,6 juta jiwa.

Kota ini terkenal dengan kekayaan warisan budaya dan situs bersejarahnya, dengan pasar yang ramai yang memamerkan kerajinan kuno, termasuk banyak koleksi artefak kuno dan mumi.

Selain banyaknya tempat wisata, Kairo merupakan pusat ekonomi dan politik utama yang menampung berbagai industri termasuk tekstil, pariwisata, dan pengolahan makanan, yang menjadikannya salah satu kota metropolitan besar di dunia.

5. Mumbai

Mumbai adalah kota metropolitan terbesar di India dan ibu kota negara bagian Maharashtra. Tidak diragukan lagi, Mumbai adalah salah satu kota terpadat di dunia dengan jumlah populasi sebanyak 22,8 juta jiwa.

BACA JUGA:10 Negara Wisata Luar Negeri Termurah di Dunia

Kota ini terkenal dengan warisan budayanya yang kaya dan perpaduan suasana metropolitan modern. Sebagai pusat komersial dan keuangan utama di negara ini, Mumbai menjadi tuan rumah bagi bank-bank terkemuka di India dan juga pusat industri film di negeri ini dengan banyak studio dan perusahaan produksi.

Selain semua aktivitas keuangan yang sangat maju, Mumbai juga memiliki beberapa tantangan seperti kemiskinan dan kurangnya infrastruktur dasar serta fasilitas transportasi yang menjadi penghambat kemajuan kota.

6. São Paulo

Dengan populasi sekitar 23 juta jiwa, São Paulo adalah ibu kota negara bagian São Paulo, Brazil, dan menjadi salah satu kota terpadat di dunia.

Terletak di sisi tenggara Brazil, kota ini populer karena budayanya yang dinamis, populasi yang beragam, dan dunia seni yang sangat berkembang. Sebagai pusat kegiatan ekonomi, kota ini adalah rumah bagi banyak bandara internasional, bisnis terkemuka, dan lembaga keuangan.

Namun, seperti kota besar lainnya, São Paulo memiliki beberapa sisi gelap seperti tingginya angka kejahatan, kemiskinan, dan kemacetan lalu lintas.

7. Manila

Terletak di pantai timur Pulau Luzon, Manila adalah ibu kota Filipina dan salah satu kota terbesar di Asia dan dunia. Kota metropolitan ini memiliki populasi sebesar 24,1 juta jiwa yang mencakup 16 wilayah. Kota ini adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat dan terpadat di Asia Tenggara.

BACA JUGA:5 Negara dengan Nilai Mata Uang Lebih Rendah dari Rupiah, Bisa Jadi Miliyuner di Sana!

Metro Manila adalah konglomerat perkotaan sosial dan salah satu kota dengan etnis paling beragam di dunia. Manila juga memiliki populasi orang Amerika, Spanyol, dan Korea yang cukup besar.

Kota ini adalah rumah bagi Chinatown tertua di dunia, yaitu Binondo, yang didirikan pada tahun 1594. Di kota ini juga terdapat universitas tertua di Asia yang bernama Universitas Santo Thomas, didirikan pada tahun 1611.

8. Seoul

Sumber: