10 Cara Bersikap Bodo Amat dengan Opini Orang Tanpa Hilang Tanggung Jawab

10 Cara Bersikap Bodo Amat dengan Opini Orang Tanpa Hilang Tanggung Jawab

Cara Bersikap Bodo Amat dengan Opini Orang Tanpa Hilang Tanggung Jawab-Ilutrasi/Pixabay-

Jika kamu dapat mengenali dan menghilangkan pikiran yang tidak berguna dan tidak rasional, maka kamu akan menyisakan lebih banyak ruang untuk pikiran yang positif dan bermanfaat.

BACA JUGA:3 Cara Jitu Agar Orang Lain Lebih Menghargai Kita

Misalnya, jika kamu yakin bahwa semua orang menghakimimu berdasarkan penampilanmu atau apa yang kamu kenakan, ingatlah bahwa itu tidak benar. Mereka sebenarnya tidak begitu kritis terhadap dirimu dan hanya sibuk memikirkan diri mereka sendiri.

8. Jadilah Teman Terbaik untuk Dirimu Sendiri

Mungkin ini bukanlah sesuatu yang suka dipercaya oleh kebanyakan orang, tetapi tidak semua orang dimaksudkan untuk menjadi temanmu atau selamanya akan tetap menjadi temanmu.

Fakta itu adalah mutlak dan tidak ada yang bisa kamu atau orang lain lakukan untuk mengubahnya. Perlu diingat bahwa menerima dirimu apa adanya sangatlah penting, dan kamu juga harus menyadari bahwa tidak setiap orang akan merasa nyaman dengan dirimu.

Berbanggalah dengan seluruh pencapaianmu dan belajarlah untuk mencintai dirimu sendiri, baik setiap kelebihan maupun kekurangannya.

9. Jadilah Seperti yang Kamu Inginkan

Ketika kamu membiarkan pendapat orang lain tentang dirimu memengaruhi perasaanmu, kamu menyerahkan kendali penuh atas hidupmu ke tangan mereka.

Kamu mungkin pada akhirnya mengubah setiap aspek kehidupanmu hanya untuk menyesuaikan diri dengan kepribadian yang kamu yakini akan membuat mereka yang ada di sekitarmu mau menerimamu, dan menganggap bahwa dengan melakukan itu kekhawatiranmu akan semakin berkurang.

BACA JUGA: 10 Bahasa Tubuh yang Menandakan Seseorang Tertarik Kepadamu

Namun, ketahuilah bahwa itu tidaklah benar karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang benar-benar diharapkan orang lain dari dirimu. Ingatlah bahwa menjalani hidup yang sesuai dengan ekspektasi orang lain akan mencegah dirimu untuk menjalani hidupmu sendiri, dan hal ini mungkin akan membuatmu menyesal seiring berjalannya waktu.

Lihatlah jauh ke dalam dirimu dan tanyakan pada dirimu tentang tipe orang seperti apa yang kamu inginkan dari dirimu, lalu jadilah orang itu. Melakukan hal ini akan membantumu untuk berhenti peduli dengan apa yang dipikirkan orang lain dan pada akhirnya kamu akan memegang kontrol penuh atas hidupmu sendiri.

10. Belajarlah untuk Menghargai Orang Lain

Setelah kamu menguasai seni menjalani hidupmu sendiri tanpa memedulikan opini orang lain, ingatlah untuk juga melakukan hal yang sama kepada sesamamu. Meskipun ada orang di luar sana yang tidak kamu sukai, biarkanlah mereka mengekspresikan kepribadian unik mereka dan dukunglah mereka untuk menjadi diri mereka sendiri.

Jangan bergosip, berpikiran negatif, dan dengan cepat menghakimi mereka yang tidak sefrekuensi denganmu. Memang sangat mudah bagi kita untuk merasa khawatir dengan apa yang orang lain pikirkan tentang diri kita, dan menghilangkan kebiasaan tersebut bisa sangat menyulitkan.

Melakukan hal ini akan membutuhkan banyak waktu serta usaha, tetapi ketika kamu berhasil, kamu akan merasa bahwa hidupmu menjadi jauh lebih positif dan bermakna. Ketahuilah bahwa beberapa orang akan menerimamu apa adanya, sedangkan yang lain tidak bersedia untuk melakukannya.

Sumber: