3 Cara Jitu Agar Orang Lain Lebih Menghargai Kita

3 Cara Jitu Agar Orang Lain Lebih Menghargai Kita

3 Cara Agar Orang Lain Lebih Menghargai Kita-Ilustrasi/Unsplash-

RADAR JABAR - Satu-satunya cara agar orang lain bisa menghargai kita adalah dengan menetapkan batasan diri yang jelas. Batasan ini akan membantu orang lain memahami apa yang kita sukai dan tidak sukai, sehingga mereka tidak akan berlaku semena-mena terhadap kita.

Jika tidak diajak, jangan ikut. Jika mereka tidak memberi tahu, jangan kepo. Jika kita tidak didengarkan, hentikan pembicaraan. Jika kita tidak diprioritaskan, jangan memprioritaskan.

Jika tidak dilibatkan, jangan ikut campur. Jika tidak diminta, jangan memberi saran. Hal ini akan membuat kita lebih tenang dan menghindari perasaan terluka, baik bagi diri kita maupun orang lain.

Dengan batasan-batasan tersebut, orang akan tahu bahwa kita tidak takut pada siapapun. Orang-orang yang tidak menghargai batasan yang kita buat akan menjauh dengan sendirinya. Berikut adalah cara menerapkan batasan agar orang lain lebih bisa menghargai kita:

1. Jangan Takut Kehilangan Teman

Meski kita akan kehilangan banyak orang yang tidak sesuai dengan harapan kita, namun yang tersisa adalah teman-teman yang benar-benar menghargai batasan kita. Jumlah teman mungkin berkurang, tetapi kualitas hubungan akan lebih baik.

Mengapa kita harus takut kehilangan orang, terutama mereka yang tidak menghargai batasan kita? Seiring bertambahnya usia, lingkaran pertemanan kita memang akan semakin kecil. Dunia bekerja dengan cara seperti itu.

BACA JUGA:7 Sikap Sederhana yang Membuatmu Semakin Disukai dan Dihargai

Dengan menetapkan batasan dalam pergaulan, semesta akan secara alami menyaring teman-teman yang cocok dan tidak cocok bagi kita. Ini akan membantu kita menemukan teman yang memiliki nilai dan visi yang sama dengan kita, atau setidaknya saling menghargai prinsip masing-masing.

2. Berani Mengatakan Tidak

Belajar untuk mengatakan tidak ketika memang tidak mungkin atau tidak mampu dilakukan merupakan hal yang penting. Meskipun terdengar sederhana, namun bagi mereka yang terbiasa hidup untuk menyenangkan orang lain dan selalu berusaha untuk diterima, hal itu sangatlah sulit.

Ketika seseorang berhenti hidup hanya untuk menyenangkan orang lain dan mulai mampu mengatakan tidak terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, mereka akan menyadari bahwa mereka bisa menjadi baik tanpa harus selalu menyetujui permintaan orang lain.

Pertanyaannya, bagaimana kita bisa memperkuat rasa percaya diri kita untuk menetapkan batasan tanpa takut kehilangan orang lain? Kuncinya terletak pada memiliki harga diri (self respect), yakni menghargai diri sendiri.

BACA JUGA:Harga Kehormatan Manusia

Ketika kita selalu menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan kita sendiri, itu sama saja dengan tidak menghargai diri sendiri. Kita tidak menghargai waktu kita, tidak disiplin terhadap jadwal yang sudah kita buat.

Sebagai contoh, pada hari libur, jika kita ingin menghabiskan waktu untuk diri sendiri di rumah atau bermain bersama anak karena kita tidak memiliki waktu luang di hari-hari lain karena kesibukan kerja, namun tiba-tiba ada teman yang mengajak nongkrong dan kita menerima hanya karena takut kehilangan pertemanan, itu berarti kita mengabaikan kebutuhan waktu bersama keluarga.

Sumber: