Bey Machmudin Sebut Jabar Memiliki Jumlah Produk Halal Terbanyak

Bey Machmudin Sebut  Jabar Memiliki Jumlah Produk Halal Terbanyak

Ilustrasi--Freepik

RADAR JABARBey Triadi Machmudin, selaku Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, mengungkapkan bahwa Jawa Barat adalah provinsi dengan jumlah produk halal terbanyak di Indonesia.

"Data menunjukkan, hingga akhir 2023, Jabar menjadi provinsi dengan jumlah produk bersertifikat halal terbanyak di Indonesia, sebanyak 694.684 produk," ujar Bey dalam keterangan di Bandung, Sabtu (18/5).

Lebih lanjut, angka tersebut akan meningkat dengan tambahan 1.000 produk UMKM yang baru saja memperoleh sertifikat halal dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM) pada Kamis (16/5) lalu, dalam rangka acara Roadshow #KITAHALALIN Jabar 2024 yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Jawa Barat.

BACA JUGA:Pemprov Jabar dan GIPI : Sepaham Bangun Industri Pariwisata Jabar dan Ambil Hikmah Kejadian Subang

Menurut Bey, pentingnya produk halal dari UMKM ini adalah karena Jawa Barat memiliki populasi muslim terbesar di Indonesia.

Proses pemberian sertifikat halal kepada 1.000 produk UMKM ini dimulai dari klaim sendiri oleh UMKM tersebut, yang kemudian didampingi oleh Kementerian KUKM sejak April 2024 untuk proses pendaftaran mendapatkan sertifikat halal. 1.000 produk UMKM yang mendapatkan sertifikat halal ini berasal dari wilayah Bandung Raya, mencakup Kota/Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

BACA JUGA:244 Pegiat UMKM Terlibat dalam Gelaran Lebaran Depok 2024

Meskipun menyambut baik pemberian sertifikat halal kepada 1.000 produk UMKM Jawa Barat, Bey menegaskan perlunya sertifikat tersebut benar-benar mencerminkan kehalalan produknya, mengingat ini adalah klaim sendiri oleh produsen.

"Kami mendukung pemberian sertifikat halal, tapi itu tadi harus ada kejelasan aturan. Jadi kami dari sisi pemerintah baik Pusat Kementerian, dan Pemda Provinsi Jabar, mendorong se-transparan mungkin," ungkapnya.

BACA JUGA:2 Kawasan di Kota Bogor Menjadi Pilot Project Wilayah Tanpa Kabel Udara

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Mikro dari Kementerian Koperasi dan UKM, Yulius, mengungkapkan pentingnya sertifikat halal karena memberikan keyakinan kepada konsumen dalam membeli suatu produk.

"Ini roadshow ketujuh, dan akan ada 15 roadshow pada tahun ini, dan tahun depan kita akan roadshow lagi," ujar Yulius dalam acara di Kampus Unpad tersebut.*

Sumber: antara