PDI-P Masih Dengarkan Pendapat Dari Tingkat Bawah Untuk Perubahan Dalam Pemerintahan Baru

PDI-P Masih Dengarkan Pendapat Dari Tingkat Bawah Untuk Perubahan Dalam Pemerintahan Baru

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan kepada awak media di Gedung Galeri Nasional, Jakarta, Senin (13/5/2024). --ANTARA/Narda Margaretha Sinambela

RADAR JABAR - Dewan Pimpinan Pusat DPP PDI Perjuangan masih memperhatikan aspirasi akar rumput sebelum membuat keputusan tentang posisi partai dalam pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menganggap pentingnya fungsi pengawasan untuk mengontrol jalannya pemerintahan demi kemajuan negara ke depan yang lebih baik.

"Bagaimana sikap PDI Perjuangan, kami belum memutuskan hal itu karena menyangkut hal yang sangat strategis. Kami mendengarkan bagaimana anak ranting, ranting, PAC, DPC, masukan arus bawah karena PDI Perjuangan adalah Partai yang dibangun dari kekuatan arus bawah itu," ujar Hasto di Gedung Galeri Nasional, Jakarta, Senin (13/5).

BACA JUGA:Kemendag Siapkan Dua Kebijakan Baru Terkait Minyak Goreng

Menurutnya, penting untuk membangun tatanan sistem pemerintahan yang baik melalui pengawasan yang kuat. Oleh karena itu, pentingnya adanya hukum check and balance.

"Pentingnya fungsi-fungsi di dalam teori politik ada yang berada di dalam pemerintahan, ada yang berada di luar pemerintahan," ujarnya.

BACA JUGA:Kedatangan Jemaah Haji Indonesia Gelombang Pertama di Bandara Madinah, Terdiri Dari 388 Jemaah

Politisi asal Yogyakarta ini mengemukakan pentingnya fungsi pemerintahan dan fungsi di luar pemerintahan dalam menjalankan fungsi penyeimbang dalam teori politik. Dengan begitu, representasi dari rakyat dapat terwujud secara efektif.

Hasto juga menyampaikan bahwa sikap PDI Perjuangan dalam pemerintahan selanjutnya akan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang keempat pada akhir bulan ini.

BACA JUGA:Kualitas Udara DKI Jakarta Senin Pagi Tidak Sehat, Indeks Kualitas Udara (AQI) Mencapai Angka 105

"Apakah sikap PDI Perjuangan terkait dengan berada di dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan? Nanti kami akan mencermati seluruh dinamika termasuk pembahasan di dalam Rakernas, karena nanti ada komisi sikap politik yang akan membahas setelah mendengarkan masukan-masukan dari DPD Partai," tegas Hasto.

"Dari situlah kami akan formulasikan sikap politik termasuk bagaimana pemerintahan ke depan harus disikapi oleh PDI Perjuangan," lanjutnya.*

Sumber: antara