10 Gunung Terangker di Indonesia Menurut Urban Legend

10 Gunung Terangker di Indonesia Menurut Urban Legend

10 Gunung Terangker di Indonesia-Ilustrasi: Pixabay-

Tempat itu biasa disebut pasar Bubrah, yang merupakan tempat berpasir dan berbatu yang dipercaya sebagai tempat berkumpulnya makhluk-makhluk halus yang ada di Gunung Merapi.

4. Gunung Latimojong - Sulawesi Selatan

Mayoritas gunung paling angker di Indonesia berada di Pulau Jawa, namun hal tersebut bukan berarti membuat gunung di luar Pulau Jawa tak seangker itu. Gunung Latimojong adalah salah satu contohnya.

Gunung yang berada di Kabupaten Luwu ini menyimpan berbagai misteri yang sulit dicerna akal sehat. Sosok hantu popo adalah makhluk gaib yang dipercaya bersemayam di gunung dengan ketinggian 3430 mdpl ini.

Hantu popo digambarkan mirip seperti manusia namun bisa terbang dan memiliki mata berwarna merah. Konon, hantu ini gemar mencari mangsa di malam hari dengan sesekali mengeluarkan suara pok-pok.

5. Gunung Kerinci - Sumatera

Melintas di dua provinsi di pulau Sumatera, yakni Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, Gunung Kerinci memiliki legenda turun temurun. Masyarakat sekitar percaya bahwa uang Pandak adalah makhluk astral yang menyerupai kera dan manusia yang bersemayam di Gunung ini.

BACA JUGA:5 Panduan Mendaki Gunung bagi Pemula untuk Pengalaman Pendakian yang Aman dan Memuaskan

Selain itu, puncak Gunung Kerinci pun menyimpan cerita menakutkan. Konon, banyak pendaki yang mengatakan bahwa mereka seperti tersedot ke dunia lain hingga hilang, namun jasadnya tak ditemukan sama sekali.

Selain hal mistis tersebut, yang menambah seram Gunung Kerinci ini ialah masih adanya harimau Sumatera yang hidup bebas di Gunung ini.

6. Gunung Rinjani - Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani memiliki ketinggian 3726 mdpl. Di balik keindahan alamnya, gunung ini menyimpan berbagai misteri. Berbagai cerita mistis menyelimuti gunung yang kerap menjadi tujuan para pendaki ini.

Mitos keberadaan Dewi Anjani adalah salah satu cerita mistis paling terkenal di Gunung Rinjani. Selain itu, ada pula cerita mistis di mana gunung ini adalah tempat berkumpulnya makhluk gaib yang membentuk kehidupan yang sama seperti manusia.

Jika kita ke Gunung Rinjani lewat jalur Torean, kita akan melewati hutan belantara yang cukup panjang. Konon, kata para porter setempat, saat mereka melewati hutan tersebut di tengah malam, mereka sering mendapat gangguan dari makhluk yang tak kasat mata.

7. Gunung Sumbing - Jawa Tengah

Status angker yang disandang oleh gunung yang terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah ini bukan tanpa alasan yang jelas. Sudah banyak yang menjadi saksi bisu dari kejadian mistis yang terjadi di gunung cantik di Pulau Jawa ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Gunung yang Cocok Untuk Para Pendaki Pemula

Kebanyakan cerita-cerita yang dialami oleh para pendaki ini berhubungan dengan makhluk halus, mulai dari penampakan makhluk yang bercahaya, penampakan sekumpulan orang tengah duduk melingkar, hingga penampakan makhluk halus yang begitu seram.

Beberapa di antaranya tak hanya dialami oleh para pendaki, tetapi juga warga sekitar gunung tersebut.

8. Gunung Salak - Jawa Barat

Sumber: