Menhub Meminta Pegawai Kemenhub untuk Beradaptasi dalam Transportasi Berkelanjutan

Menhub Meminta Pegawai Kemenhub untuk Beradaptasi dalam Transportasi Berkelanjutan

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberi sambutan dalam penutupan pelatihan Global Leadership Program and Sustainable and Entrepreneurial Leadership Program, di Kantor Kemenhub di Jakarta, Selasa (7/5)--ANTARA/HO-Humas Kemenhub

RADAR JABAR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengajukan permintaan kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kementerian Perhubungan agar meningkatkan adaptabilitas terhadap kemajuan teknologi dan memiliki pandangan yang visioner terhadap tantangan dan peluang dalam pengembangan transportasi berkelanjutan.

“Saya berpesan agar ASN Kemenhub dilatih dengan kompetensi dan skil yang dibutuhkan pada pengelolaan birokrasi serta pembangunan transportasi berkelanjutan di masa depan,” ujar Menhub Budi ketika menutup acara Global Leadership Program and Sustainable and Entrepreneurial Leadership Program di Kantor Kemenhub di Jakarta, pada hari Selasa (7/5).

BACA JUGA:Sekretaris Jenderal PDIP Tegaskan Partainya Sedang Cermati Calon yang Akan Diusung di Pilkada DKI

Menurut Menhub, di era yang semakin dinamis ini, persaingan global semakin ketat dan tuntutan akan layanan di sektor transportasi semakin meningkat. Oleh karena itu, Budi mendorong ASN di Kementerian Perhubungan untuk lebih adaptif terhadap kemajuan teknologi dan memiliki pandangan yang visioner terhadap tantangan dan peluang.

Menhub berharap, para Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama yang telah mengikuti program tersebut dapat mempersiapkan diri untuk menjadi pembimbing yang mampu membuka wawasan yang lebih luas dan membimbing para calon penggantinya ke depan.

Sementara itu, para pejabat muda semakin menyadari peran mereka ke depan sehingga mereka dapat terus mengasah diri untuk menjadi kader-kader kepemimpinan masa depan.

BACA JUGA:Gunung Semeru Kembali Erupsi Pada Selasa 7 Mei 2024 Disertai Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

“Saya harap kegiatan yang sudah diikuti akan membuka mindset para peserta sehingga dapat menjadi pemimpin perubahan dan memberikan nilai tambah bagi aset yang dimiliki, yang tidak hanya berorientasi dalam mencari keuntungan saja, tetapi memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat,”  kata Menhub.

Kemenhub telah bekerja sama dengan Rumah Perubahan untuk menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan melalui kegiatan Global Leadership Program dan Sustainable and Entrepreneurial Leadership Program.

BACA JUGA:Bandung Week Market 2024 Mulai Hari Ini! Temukan Ragam Produk Kreatif Asli Kota Bandung di Pulau Dewata Bali

Global Leadership Program diadakan pada tanggal 22 April 2024, diikuti oleh 96 Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama.

Sementara itu, Menhub menambahkan bahwa pelaksanaan Sustainable and Entrepreneurial Leadership Program dibagi menjadi dua gelombang.

“Gelombang pertama pada 22-26 April 2024 dengan diikuti 89 Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas/Ketua Tim, serta Pejabat Pelaksana. Kemudian, gelombang dua dilaksanakan pada 29 April-6 Mei 2024 dengan diikuti 90 peserta,” ujar Budi.*

Sumber: antara