Program Makan Siang Gratis Diberikan Kepada Ratusan Siswa MI di Bantargadung

Program Makan Siang Gratis Diberikan Kepada Ratusan Siswa MI di Bantargadung

Pelajar MI Gelarsari, Kampung Gelarsari, Desa Boyongsari, Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jabar saat menikmati makan siang gratis yang berasal dari program IFSR pada Senin (29/4)--ANTARA/Aditya Rohman

RADAR JABAR - Ratusan murid dari Madrasah Ibtidaiah (MI) Gelarsari, yang terletak di Kecamatan Bantargadung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mendapatkan fasilitas makan siang gratis dengan menu empat sehat lima sempurna.

"Program makan siang gratis ini sudah berjalan selama empat bulan yang merupakan bantuan Indonesia Food Security Review (IFSR). Adapun menunya berupa nasi, sayuran, lauk pauk, buah dan susu kotak,"ujar Solahunddin Sanusi, selaku Kepala MI Gelarsari, di Sukabumi, pada hari Senin (29/4).

BACA JUGA:Mohammad Idris Dianggap Cocok untuk Mencalonkan Diri Dalam Pilgub Jabar

Sanusi menjelaskan bahwa setiap hari para murid MI Gelarsari, yang tinggal di Kampung Gelarsari, Desa Boyongsari, menerima makan siang gratis yang disediakan oleh IFSR. Program ini sudah berjalan selama empat bulan.

Pihaknya mengapresiasi keputusan lembaga tersebut untuk memilih sekolah yang dipimpinnya untuk menerima program makan siang gratis. Program ini tidak diajukan oleh pihak sekolah, melainkan IFSR yang langsung mendatangi MI Gelarsari untuk melakukan pendataan dan melaksanakan program tersebut.

Tentunya, keberadaan program makan siang gratis ini memberikan dampak positif bagi para murid, karena menu yang disediakan sesuai dengan standar gizi yang diperlukan selama masa pertumbuhan anak.

BACA JUGA:Perbaikan Pintu Penguras yang Jebol di Bendung Katulampa Bogor Dimulai Hari Ini

Respons baik juga datang dari murid dan orang tua mereka, yang membantu mengurangi beban biaya dan memberikan asupan gizi yang cukup kepada anak-anak, yang pada gilirannya meningkatkan semangat belajar mereka.

"Setiap harinya pihak IFSR mengirim 170 porsi makan siang, yang biasanya tiba di sekolah sekitar pukul 08.30 WIB. Saat waktu istirahat tiba menu makan siang itu langsung diberikan kepada seluruh anak," tambahnya.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Menjamin Kelancaran dan Keamanan Perjalanan Haji yang Berangkatkan 38 Ribu Orang Lebih

Solahuddin juga menyatakan bahwa manfaat positif lainnya adalah anak-anak tidak perlu lagi membawa bekal atau uang ke sekolah untuk membeli makanan selama istirahat, dan yang terpenting, mereka dapat menghindari jajanan tidak sehat.

Pihaknya berharap agar program makan siang gratis dapat terus berlanjut, karena telah memberikan manfaat bagi sekolah, orang tua, dan terutama para murid, terutama karena tidak semua murid MI Gelarsari berasal dari keluarga yang mampu secara finansial.*

Sumber: antara