10 Jajanan Khas Sunda yang Paling Digemari, Ada Cireng Hingga Seblak

10 Jajanan Khas Sunda yang Paling Digemari, Ada Cireng Hingga Seblak

Jajanan Khas Sunda yang Paling Digemari--Istimewa

Karedok disiram dengan bumbu kacang yang terbuat dari campuran bawang putih, cabai merah, kencur, air asam, gula merah, garam, dan kacang tanah.

5. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah jajanan khas Sunda yang terkenal dengan teksturnya yang lembut di dalam dan renyah di luar. Disajikan dengan bumbu kacang atau saus pedas, tahu Sumedang menjadi camilan yang sangat populer di seluruh Indonesia.

6. Surabi

Surabi adalah jajanan tradisional Sunda yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan santan yang dipanggang atau digoreng. Disajikan dengan berbagai pilihan topping seperti gula merah, keju, atau meses, surabi menjadi camilan yang cocok untuk dinikmati sebagai sarapan atau cemilan di sore hari.

7. Batagor

Batagor merupakan sejenis makanan yang berasal dari Bandung. Batagor terbuat dari adonan tepung tapioka yang dicampur dengan ikan tenggiri, udang, dan tahu putih, kemudian digoreng menggunakan kulit lumpia.

Batagor disajikan dengan siraman bumbu kacang yang terbuat dari campuran bawang putih, cabai merah, kencur, air asam, gula merah, garam, dan kacang tanah.

8. Dorokdok

Dorokdok adalah jajanan berbahan dasar singkong yang digoreng hingga renyah. Biasanya disajikan dengan sambal atau saus pedas, dorokdok menjadi camilan favorit di banyak daerah di Jawa Barat.

9. Combro

Combro adalah jajanan tradisional Sunda yang terbuat dari campuran singkong dan kelapa parut yang dibentuk bulat dan diisi dengan bahan seperti oncom atau bihun. Kemudian, combro digoreng hingga matang dan disajikan dengan sambal atau saus pedas.

 

BACA JUGA:Mengenal Keju Camembert Asal Prancis yang Kini Terancam Punah

 

10. Kue Bandros

Kue Bandros adalah kue tradisional Sunda yang terbuat dari campuran tepung beras dan kelapa parut yang dicampur dengan santan. Kemudian, adonan tersebut dimasukkan ke dalam tabung bambu dan dipanggang di atas api.

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat kue Bandros menjadi camilan yang sangat disukai oleh banyak orang.

Dari camilan ringan seperti cireng hingga jajanan yang mengenyangkan seperti batagor, jajanan khas Sunda memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera. Dengan berbagai macam bahan dan cara memasak yang berbeda, jajanan-jajanan tersebut telah menjadi bagian tak terpisahkan dari warisan kuliner Indonesia yang patut kita banggakan.

 

Sumber: