Menteri AHY Beri Izin Warga Ciawi Bogor untuk Mengelola 250 Hektare Tanah Hasil Redistribusi

Menteri AHY Beri Izin Warga Ciawi Bogor untuk Mengelola 250 Hektare Tanah Hasil Redistribusi

Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY menanam pohon mahoni di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, pada Senin 22 April 2024-Muzdaffar Fauzan-ANTARA

Radar Jabar – Warga Desa Cibedug, Ciawi, Bogor, Jawa Barat mendapatkan izin untuk mengelola lahan seluas 250 hektare hasil redistribusi. Izin tersebut diberikan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono.

 

Lahan tersebut, tutur sosok yang akrab disapa AHY itu, adalah lahan bekas Hak Guna Usaha (HGU) yang sudah habis masa berlakunya. Ia berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan itu guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi, dengan mengelola tanah supaya lebih produktif.

 

“Mungkin dikembangkan untuk Perkebunan. Tadi saya tanya apa yang ditanam di antaranya sayur-mayur, mungkin juga buah-buahan dan lain sebagainya,” ucap AHY saat berkunjung ke Desa Cibedug, hari Senin 22 April 2024, dikutip dari Antara.

 

BACA JUGA:BPBD Bogor Lakukan Evakuasi terhadap Korban Banjir dan Longsor di Gunung Sindur

 

Dia mengatakan perlu ada kolaborasi antara pemerintah pusat, daerah, dan korporasi untuk mengoptimalkan potensi lahan itu. Dengan begitu, warga bisa memeroleh akses untuk mendongkrak produktivitas lahan.

 

Selain daripada itu, pihaknya menanam 5.000 pohon mahoni di lahan yang diredistribusi untuk warga Ciawi bertepatan dengan Hari Bumi Sedunia. Aksi penanaman tersebut dilaksanakan di empat desa, serta merupakan salah satu usaha untuk menjaga kelestarian bumi melalui cara meminimalisasi efek gas rumah kaca.

 

“Sekali lagi, kalau semakin baik kitab isa menangkap karbon dioksida, melakukan carbon capture, ini artinya kita bertanggung jawab terhadap kondisi alam kita.” Ucap sosok yang juga Ketua Umum Partai Demokrat tersebut.

Sumber: